Breaking News
fungsi busana muslim antara fashion atau ibadah
FOTO: NINA VARTANAVA / EYEEM/GETTY IMAGES

Fungsi Busana Muslim Menurut Syariat Islam

Fungsi busana bagi seorang muslim bukan hanya sekedar pakaian penutup badan. Tapi sejati sesuai syariat Islam adalah bentuk ketaatan kepada Allah. Niat kita mengenakan adalah untuk beribadah.

Bagaimana dengan berbusana tersebut Allah makin cinta dan ridho kepada kita. Secara umum ada empat fungsi sesuai syariat agama.

Berdasarkan QS Al A'raf ayat 26 dan QS An Nahl ayat 81 menjelaskan fungsi busana bagi seorang muslim.

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya: Hai Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّمَّا خَلَقَ ظِلَٰلًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ ٱلْجِبَالِ أَكْنَٰنًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَٰبِيلَ تَقِيكُمُ ٱلْحَرَّ وَسَرَٰبِيلَ تَقِيكُم بَأْسَكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ

Artinya: Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian ( besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).

1. Menutup Aurat dari Pandangan Orang Lain

Fungsi busana yang pertama bagi seorang muslim adalah fungsi etika. Dimana mereka menutup aurat dari pandangan orang lain. Dengan fungsi ini orang berbusana menjadi terhormat dan mulia karena kesopanan, kerapian dan beradab.

2. Fungsi Busana Untuk Berhias

Perlu diperhatikan fungsi kita berbusana berikutnya adalah fungsi estetika. Busana membuat kita tampil menawan, gagah dan menyenangkan setiap yang memandang. Tentu saja fungsi iniini harus disesuaikan dengan tempat masing-masing.

Tidak semua busana bisa kita gunakan di semua tempat. Ada busana untuk keluar rumah, ada untuk rumah, depan suami, depan anak dan lainnya. Pastikan menggunakan fungsi ini sesuai tempat dan kondisi.

3. Melindungi Tubuh dari Cuaca

Berikutnya pakaian yang kita kenakan berfungsi untuk melindungi diri dari cuaca panas dan dingin. Pilihlah busana yang sesuai musim sehingga fungsi dari busana dalam syariat Islam tercapai.

4. Perlindungan Saat Dalam Bahaya

Dalam QS An Nahl berikutnya, kegunaan kita berpakaian adalah melindungi dari peperangan dan jika dikondisikan pada masa sekarang pakaian yang bisa melindungi kita dari bahaya.

Misalnya orang yang bekerja sebagai pemadam kebakaran akan mengenakan pakaian perlindungan agar badannya tidak mendapatkan mudharat dalam kondisi bahaya.

Nah, itulah 4 fungsi busana muslim yang sesuai syariat Islam berdasarkan Al-Qur'an. Sangat jelas bahwa pakaian berfungsi untuk menutupi aurat, perhiasan dan melindungi dari cuaca panas maupun dingin.

Lalu pantaskah kita menyebut busana muslim dengan ? Perlu kajian yang dalam tentang ini. Sekilas busana muslim juga berfungsi sebagai perhiasan dan jika dikenakan di tempat yang sesuai dengan aturan syariat Islam, kenapa tidak?

Yuk share artikelnya biar banyak yang tahu tentang fungsi busana muslim dalam syariat Islam.