Fungsi Pencarian Cerdas di Google

Kita pasti tahu “siapa” Google bukan? Ya, Google sangat terkenal karena dianggap ‘serba tahu’, sampai-sampai muncul istilah ‘Si Embah Google’.

Siapapun yang ingin mengetahui informasi apapun dari internet, tempat pertama mereka bertanya adalah Google. Dan sampai saat ini, mesin pencari Google merupakan yang terbaik di dunia!

Tapi tahukah Anda, bahwa di balik layar pencarian Google yang sederhana, ternyata tersimpan banyak sekali tool dan fungsi-fungsi terpendam?

Nah, di bawah ini adalah beberapa trik pencarian di Google, yang membuat pencarian Anda lebih produktif. Anda dapat menemukan banyak hal, bahkan tanpa harus beranjak dari halaman pencarian mereka atau mengunjungi website lain.

kalkulator google1. Google itu kalkulator yang hebat

Apakah Anda sering menggunakan kalkulator desktop bawaan Windows? Sepertinya Anda cukup menggunakan Google!

Anda dapat melakukan ‘pencarian’ berbagai perhitungan matematika dan hebatnya Anda tidak perlu diharuskan menggunakan simbol matematika secara kaku.

Mencari 12+12 memberi hasil yang sama jika Anda mengetikkan ‘twelve plus twelve’. Bahkan Google juga bekerja baik saat Anda mencampur antara simbol dan kata-kata, selama memang merupakan perhitungan yang valid. Dalam hal ini saya mengetikkan kata: “square root of 2500 times 4”, dimana Google menghasilkan perhitungan dari “akar pangkat dua dari 2500 dikalikan 4.

Selain itu, Anda perhatikan, bahwa saat Google memberi hasil dari sebuah perhitungan yang Anda tanyakan, maka aplikasi kalkulator akan terbuka di halaman pencarian Google. Yang kemudian bisa Anda gunakan guna melakukan perhitungan lebih lanjut.

Lebih jauh lagi, jika Anda mencari fungsi matematika lebih rumit lagi, cobalah tanya tentang persamaan grafik.

fungsi grafik di googlegraph y=4x

atau

sin(2pi/8-x)+cos(x+4pi/6)

Grafik akan muncul menggantikan kalkulator, Anda kemudian bisa melakukan zoom pada grafik tersebut dengan scroll mouse.

alat konversi satuan google2. Konversi satuan

Apakah Anda ingin tahu berapa pon dalam satuan kilogram? Atau ingin tahu berapa Rupiah dalam mata uang Euro? Tanyakan saja pada Google!

Sama seperti aplikasi kalkulator di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan satuan dikonversikan ke satuan lainnya, selama Anda melakukan pencarian menggunakan cara yang dianggap Google sebagai sebuah persamaan.

Jadi, saat Anda memasukkan: “10 usd in rupiah” maka Anda diberi nilai konversi mata uang dari dolar Amerika ke Rupiah. Hal yang sama berlaku untuk satuan lainnya, seperti “100 kg in pounds” untuk konversi kilogram ke pon.

prakiraan cuaca google3. Mengetahui cuaca

Ini adalah prakiraan cuaca yang bisa Anda ketahui secara cepat. Gunakan kata: “weather:” diikuti dengan nama kota, kode pos, negara.

Anda juga bisa menggunakan hanya kata “weather” untuk mendapatkan prakiraan cuaca wilayah setempat.

fungsi pencarian peta cepat google4. Menemukan peta dengan cepat

Jika Anda hanya butuh peta secara cepat dan tidak perlu membuka google maps, Anda bisa langsung mengetikkan: “map nama-kota’. Tergantung dari kota yang dicari, maka Google akan menampilkan kota peta kecil di hasil pencarian.

Misalnya saya cari, “map indramayu”, maka akan menghasilkan peta kota Indramayu seperti tampak pada gambar di atas. Seperti yang lain-lainnya, Anda kemudian dapat beriteraksi lebih luas pada peta yang dihasilkan untuk informasi lebih banyak lagi dengan peta tersebut.

Namun, karena ada begitu banyak kota di dunia, yang sangat mungkin ada banyak duplikat nama kota yang sama, terkadang Anda perlu memasukkan informasi lebih banyak.

pencarian gambar google5. Menemukan gambar

Tentu, Anda dapat mencari gambar di Google melalui Google Image Search, namun Anda juga dapat melakukan pencarian langsung dari halaman utama Google dengan menggunakan kata kunci: “image”. Anda dapat pula menggunakan kata “gambar”.

Contoh: “gambar borobudur”, maka Google akan memberikan hasil pencarian gambar Borobudur. Dan ketika Anda mengklik salah satu gambar, otomatis Anda akan dibawa ke Google Image Search.

6. Menemukan video

Ingin menemukan video tertentu? Anda tidak perlu pergi ke Youtube. Jika Anda mengetikkan “video [kata kunci video]”, Anda akan disuguhi daftar video paling relevan menurut Google.

Itulah beberapa fungsi ‘terpendam’ dari kehebatan mesin pencari bernama Google. Dan sebenarnya baru sebagian kecilnya saja, masih banyak tool lain yang tak kalah menarik dan bermanfaat dari Google. Lain kali saya sambung pada artikel selanjutnya.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here