Fungsi Perusahaan Transportasi di Era Pandemi Covid-19

Dalam tujuan untuk menggerakan ekonomi, perusahaan transportasi memiliki peran penting. Baik itu transportasi darat, laut ataupun udara sama-sama memiliki peran yang serupa. Tanpa adanya transportasi, ekonomi akan terhambat. Begitu juga peran transportasi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membantu banyak orang yang ingin bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Fungsi Transportasi

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Nasional

Transportasi memiliki peran yang penting dalam keikutsertaannya dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dalam tingkat nasional. Misalkan ada pengiriman barang dari Jakarta ke Palangkaraya yang membutuhkan pesawat sebagai alat transportasinya. Tanpa adanya pesawat, maka akan membutuhkan waktu yang lama dalam mengirimkan barang tersebut.

2. Membantu Kegiatan Manusia

Di era serba modern sekarang ini alat transportasi berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Bus, kereta, mobil, sepeda motor dan yang lain sangat membantu kegiatan manusia untuk mempercepat ke tempat tujuan tertentu. Kegiatan manusia disini sangatlah beragam, mulai dari mengirimkan bahan pangan ke tempat distributor dan sebagainya.

Bahkan dalam keadaan tertentu, perusahaan transportasi memiliki peran yang besar. Misalkan terdapat bencana seperti pandemi dan sebagainya. Disini peran transportasi seperti ambulance sangat penting untuk menjemput pasien menuju rumah sakit dan sebagainya. Begitu juga dengan Sera Astra yang ikut serta dalam kegiatan ini.

3. Melancarkan Proses Pengiriman Barang

Alat transportasi juga berfungsi untuk melancarkan proses pengiriman barang. Dengan mengirimkan barang merata ke seluruh Indonesia tentu akan membantu keadaan di wilayah tersebut. Misalkan barang yang dikirimkan seperti peralatan rumah tangga, alat bangunan dan sebagainya. Tanpa adanya barang-barang tersebut tentu akan kesulitan.

4. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Daerah

Selain membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional, perusahaan transportasi juga membantu ekonomi daerah. Pertumbuhan tersebut ditandai dengan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dan yang lain sebagainya. Jika pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah baik, tentu akan mendukung di pemerintah pusat.

Kerjasama Perusahaan Transportasi di Era Pandemi

Indonesia di tahun 2020 mengalami pandemi Covid-19 yang membutuhkan kerjasama antar seluruh kalangan, begitu juga dengan penyedia jasa transportasi. TRAC sendiri telah mendapatkan kepercayaan dari KEMENPAREKRAF sebagai jasa angkutan tenaga paramedic dalam penanganan Covid-19.

TRAC melayani untuk kebutuhan paramedic di RS Persahabatan sebagai mobilitasnya ke penginapan. Pihaknya telah mempersiapkan armada untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan juga untuk transportasi menuju salah satu hotel di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Adapun detail penggunaan jasa transportasinya :

  • Unit kendaraan yang digunakan dalam hal ini adalah 1 Bigbus dan 1 Smal Bus Hiance. Spesifikasi dan kondisi kendaraan tersebut sudah sesuai aturan dan diizinkan selama masa transisi kehidupan normal yang baru. Tentunya tetap mengedepankan prosedur social distancing ketika berada di dalam kendaraan.
  • Kendaraan yang digunakan telah dimodifikasi menjadi lebih baik dan menyesuaikan dengan peraturan dari pemerintahan agar lebih aman dan sesuai SOP.
  • Driver yang bertugas telah dibekali materi khusus terkait keamanan dalam masa Covid-19 ini. Setiap anggotanya telah diberikan pelatihan hingga materi pendukung dalam menghadapi situasi pandemi.
  • Masing-masing driver dibekali oleh pakaian APD lengkap, sehingga tetap memberikan jaminan keselamatan. Tata cara pemakaian APD hingga melepasnya juga sudah diberikan sebelum memulai tugas.
  • Driver akan mendapatkan pelayanan dan perhatian khusus dalam aktivitas sehari-hati, begitu juga dengan kesehatannya, seluruhnya dijamin oleh pihak otoritas KEMENPAREKRAF.

Perusahaan transportasi memiliki peran penting dalam sebuah negara, untuk membantu perekonomian, aktivitas manusia dan sebagainya. Bahkan ketika negara tersebut mengalami pandemi ataupun bencana lain, transportasi tetap memiliki peran yang penting.