Google Maps Hadirkan Fitur Offline, Jangan Salah Pengertian Ya!

Jika berbicara tentang kartografi atau peta siapa yang tidak kenal dengan Google Maps. Ya, suatu produk peta global visual online dan gambar satelit yang dapat di seret yang pastinya dapat digunakan secara gratis.

Google Maps tidak hanya dikenal sebagai peta dunia yang dapat kita lihat begitu saja. Bagi para pengendara atau yang suka bepergian pastinya mereka sudah sangat akrab dengan Google Maps ini kenapa? Karena pastinya mereka sering menggunakan fitur navigasi yang dapat menujukan arah, jalan maupun kondisi dan lainnya ke arah yang ingin mereka tuju.

Selama ini Google Maps versi web maupun aplikasi Android/iOS hanya dapat kita gunakan apabila kita terhubung koneksi internet. Nah kabar gembiranya adalah, kemarin tepatnya 23 November 2015 Google resmi meluncurkan fitur Offline untuk Google Maps. Yang artinya Google Maps tetap dapat kita gunakan walaupun perangkat kita dalam kondisi offline (tidak terhubung koneksi internet).

Tentunya ini disambut gembira para pengguna di Indonesia karena fitur ini sudah bisa di nikmati di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, koneksi internet di Indonesia maupun di negara mana pun, memiliki kebiasaan menghilang atau ter-putus putus baik dalam waktu yang singkat maupun lama. Baik juga dikarenakan jaringan yang buruk atau gangguan-gangguan yang lainnya.

Nah apa dampak buruknya apabila koneksi internet yang dapat menghilang-hilang sewaktu seseorang menggunakan fitur navigasi Google Maps sebagai penunjuk jalannya?

Yang pastinya akan sangat beresiko, ya misal, Anda sudah menentukan sebuah alamat yang ingin Anda tuju dan Google Maps pun akan memberikan rute maupun belokan demi belokan yang benar ke arah yang ingin Anda tuju. Dalam perjalanan tiba-tiba koneksi internet Anda tidak stabil bahkan terputus. Pastinya juga Anda akan kehilangan arah yang di berikan Google Maps sebelumnya karena koneksi terputus sehingga tidak dapat meng-update rute seterusnya, Anda pun akan kebingungan.

Nah itulah yang menjadi sebagian alasan Google meluncurkan fitur offline Google Maps ini untuk memberikan layanan dan pengalaman yang lebih baik lagi bagi pengguna Indonesia.

Dengan fitur Google Maps offline ini memungkinkan Anda untuk menggunakan Google Maps secara offline atau tanpa koneksi internet.

Namun jangan salah pengertian! Bukan berarti offline Anda dapat mengakses dan menggunakan Google Maps begitu saja tanpa koneksi internet sama sekali. Tetapi dengan Google Maps fitur offline ini memungkinkan Anda untuk mengunduh area ke perangkat ponsel Anda. Sehingga apabila sewaktu-waktu internet Anda terputus maka Google Maps akan tetap bekerja karena data-data area yang ingin Anda tuju sudah Anda u***h sebelumnya sehingga dapat digunakan secara offline.

Begitu Anda sudah mengunduh sebuah area ke ponsel Anda maka seterusnya Anda dapat menemukan berbagai informasi di dalamnya seperti Destinasi, mendapatkan Navigasi belokan demi belokan, persimpangan, informasi tentang destinasi tersebut seperti nomor telpon, jam operasional dan juga rating tanpa menggunakan koneksi internet lagi.

“Koneksi internet terkadang suka menghilang saat Anda paling membutuhkannya, seperti saat harus belok di perempatan, atau saat mencari sebuah tempat baru. Dengan peluncuran ini, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini, agar orang Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok ke jalan yang salah,” ujar Nikhil Vaishnavi, Product Manager Google Maps.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here