Ide Aktivitas Mengenalkan Ramadhan Kepada Anak

ERUDISI.com – Ide aktivitas mengenalkan bulan Ramadhan kepada anak. Banyak sekali ide kegiatan anak yang bisa kita lakukan bersama anak untuk mengenakan kepada mereka akan

Juwita

Ide aktivitas sambut ramadhan keluarga muslim
Source Images: Alamy

ERUDISI.com – Ide aktivitas mengenalkan bulan kepada anak. Banyak sekali ide kegiatan anak yang bisa kita lakukan bersama anak untuk mengenakan kepada mereka akan bulan Ramadhan.

Mengenalkan Bulan Ramadhan Kepada Anak

Ramadhan merupakan bulan mulia dimana pada bulan ini kita berlomba-lomba dalam beramal ekstra. Tentu saja mengenalkan hal ini tidak bisa sesimpel itu kepada anak. Harus melalui metode yang mereka pahami.
Anak sangat mudah memahami sesuatu melalui berbagai permainan, sehingga kita orang tua perlu mencari ide agar anak bisa mengenal dengan baik.

Ide Aktivitas Mengenalkan Bulan Ramadhan Kepada Anak

1. Sambut Ramadhan dengan Membersihkan Rumah Bersama

Tentu saja ramadan begitu spesial bagi kita. Sebelum datang bulan tersebut kita bisa mulai mengenalkan anak-anak mengenai istilah-istilah dalam bulan Ramadan seperti berbuka, sahur, tarawih, itikaf, malam Lailatul Qadar, zakat dan tilawah.

Selama sebulan Allah wajibkan kita berpuasa dan tentu saja menyambutnya kita perlu membersihkan rumah kita. Ajak anak-anak bersama-sama membersihkan rumah. Rumah yang bersih dan rapi membuat ibadah kita nyaman.

2. Menghias Rumah Bertema Ramadhan

Salah satu semarak Ramadan yang sering memotivasi anak berpuasa adalah mengajak anak menghiasi rumah bertema puasa. Bisa dengan menghiasi ruangan keluarga dengan bendera-bendera bertuliskan Welcome Ramadhan. Atau kata-kata lain yang berhubungan dengan puasa. Menulis doa berbuka puasa, zikir pagi dan sore dan lainnya. Biarkan anak berkreasi dengan bebas.

3. Ajak Anak Membuat Target Ibadah Selama Ramadan

Selain itu ajak mereka untuk membuat target ibadah yang akan mereka lakukan selama Ramadan nanti. Mulai dari puasa, sholat Sunnah, target tilawah harian, tarawih, sedekah dan ibadah lainnya.

Tentu saja ini adalah aktivitas menyenangkan bagi anak-anak.

4. Bacakan Buku Bertema Ramadan

Tentu saja sebagai umat muslim patokan kita beramal adalah dalil Al-Qur'an dan Hadist Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Jadi kita berilmu dulu baru beramal. Jadi membacakan buku bertema Ramadan akan membuat anak-anak senang saat datang bulan mulia ini.

Nu'aim rahimahullah dalam Hilyah Al-Auliya' (7:305) dari Sufyan bin ‘Uyainah ketika ditanya mengenai keutamaan ilmu, ia menyatakan, “Tidakkah engkau mendengar firman Allah Ta'ala ketika memulai dengan ‘فَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ' artinya dimulai dengan ilmu, baru setelah itu disebutkan perintah untuk beramal pada ‘وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ'.” Dinukil dari Hushul Al-Ma'mul, hlm. 29.

Pilihlah buku-buku yang bagus buat anak-anak. Ajak mereka berdiskusi dan berekreasi setiap kali selesai membaca buku.

5. Jurnal Alquran

Bulan mulia ini juga dikenal sebagai bukan Alquran. Dimana pada bulan ini Alquran Allah turunkan. Jurnal Alquran bertujuan untuk mengajak anak-anak mentadaburi dan menghayati ayat Alquran. Bisa dimulai dengan surat-surat pendek. Ajak mereka membaca terjemahan dan tafsir ayat tersebut.

Allah Ta'ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ

Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an ” QS. Al-Baqarah ayat 185

Ibnu ‘Abbas radhiyallanhu berkata bahwa Al-Qur'an itu turun sekaligus di Lauhul Mahfuzh di Baitul ‘Izzah pada malam Lailatul Qadar.

 

6. Berbagai Permainan Bertema Ramadan

Banyak sekali kegiatan bermain bertema puasa yang bisa kita buat bersama anak-anak. Bisa mengenai sains, diy, kreasi, maze dan lainnya. Kegiatan ini bisa kita isi saat menunggu waktu berbuka. Seru dan anak-anak dijamin suka.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan ramadhan kepada anak. Semoga bermanfaat.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Jangan lupa bagikan artikel-artikel kami ya.

Related Post