Referensi sarapan sehat khas Indonesia

Ide Sarapan Sehat Khas Indonesia

ERUDISI.com – Sarapan sehat khas Indonesia.  Tren sarapan sehat kini memang sudah merambah ke masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi ternyata juga mampu mengedukasi masyarakat yang terkenal dengan menikmati sarapan berat ini beralih ke sarapan sehat.

Masyarakat Indonesia Melek Sarapan Sehat

Banyak yang kaget jika mencari sarapan di Indonesia yang ditawarkan malah makanan berat semua seperti gorengan, nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, ketoprak, ketan serundeng dan banyak lagi.

Tapi seiring waktu, kesadaran masyarakat Indonesia terutama gen milenial akan bahaya memulai pagi dengan makanan berat semakin tinggi. Banyak dari mereka yang beralih mengkonsumsi makanan sehat yang jauh lebih baik untuk tubuh mereka.

Sarapan Sehat Khas Indonesia

Sebenarnya di Indonesia sendiri banyak sekali jenis menu yang sehat tetapi tidak terlalu familiar bagi masyarakat. Padahal jika mereka konsumsi di pagi hari akan jauh lebih bermanfaat bagi tubuh mereka.

1. Gado-Gado

Siapa yang tidak kenal dengan menu satu ini. Isian sayuran mentah dan rebus seperti mentimun, kacang panjang, labu, tempe, tahu yang kemudian dicampurkan ke dalam kuah kacang yang diulek terlebih dahulu. Menu ini sering dimakan dengan nasi atau lontong.
Padahal sebenarnya aneka sayuran tersebut sudah mencukupi kebutuhan kita di pagi hari.

2. Karedok

Menu khas Sunda ini memang benar-benar fresh sekali. Semua sayurannya asli mentah. Biasa dicampur kuah kacang atau kuah cabe.
Asli karedok adalah menu segar khas Indonesia yang wajib dijadikan list .

3. Sarapan Sehat Khas Indonesia: Rujak

Bisa dibilang ini adalah favorit masyarakat Indonesia terutama saat emak-emak daster berkumpul. Sambil mengulek sambal rujak. Tentu saja semua isian rujak adalah buah yang segar. Sangat recommended dijadikan makanan sehat di pagi hari..

4. Urap

Menu satu ini sangat familiar sekali. Rebusan aneka sayur kemudian dicampur dengan kelapa muda yang sudah ditambahkan bumbu. Kemudian diberi kucuran air jeruk nipis. Segar dan sehat.

5. Pecel

Menu khas Jawa Timur ini juga terdiri dari rebusan sayuran seperti kacang panjang, daun singkong, toge kemudian siram sambal kacang

6. Asinan Bogor

Asinan Bogor juga salah satu sarapan sehat khas Indonesia yang bisa jadi referensi. Berbagai buahan ditambah kacang kemudian disiram kuah yang merupakan campuran air, garam dan cuka. Segar.

Kesimpulan:

Pada dasarnya mengawali pagi hari dengan sarapan sehat jauh lebih baik daripada tidak. Sarapan sehat akan membantu tubuh siap menghadapi hari. Sebaliknya jika diawali dengan sarapan berat maka akan membuat kita mengantuk.

Demikianlah artikel mengenai Khas Indonesia yang bisa jadi inspirasi.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Resep nasi tim ayam MPASI

Resep Nasi Tim Ayam Enak, Sehat dan Bergizi

ERUDISI.com – Nasi tim ayam bisa jadi referensi menu sajian pagi keluarga lho. Menu ini …