Persiapan tabungan usia 40 tahun
Source Images: US New Money

Ini Jenis Tabungan Penting Usia 40 Tahun

ERUDISI.com Kita perlu memiliki beberapa jenis tabungan di usia 40 tahun. Hal ini karena usia tersebut merupakan usia yang kita lebih banyak fokus pada hal yang sifatnya tenang. Usia ini membuat kita tidak mau lagi dibebani oleh urusan dunia yang melelahkan tapi lebih ke sifatnya ibadah.

Nah, mumpung yang belum usia 40 tahun nih. Siapkan 4 jenis tabungan agar hidup bahagia di usia 40 tahun.

JENIS TABUNGAN PENTING DI USIA 40 TAHUN

1. Tabungan Darurat

Perlu kita ketahui bahwa tabungan darurat sangat penting kita miliki pada usia ini. Apapun profesi kita. Tabungan darurat sangatlah harus dimiliki.

Tentu saja dana ini ibarat ban serap yang sewaktu-waktu kita gunakan. Misalnya karena kita di PHK, biaya pengobatan atau lainnya.

Penghitungan dana darurat bisa dengan melakukan pemetaan dari penghasilan dan pengeluaran rutin bulanan. Dengan mencatat penghasilan dan pengeluaran rutin per bulannya, kita bisa menentukan dana darurat yang perlu dipersiapkan.

Besaran jumlah bisa sesuaikan dengan biaya hidup selama satu bulan. Bagi yang belum menikah bisa siapkan dana sebesar 6 kali biaya hidup bulanan. Sudah menikah 9 kali dan jika sudah menikah serta memiliki memiliki dana darurat 12 kali biaya hidup satu bulan.

2. Tabungan Membeli Rumah

Jenis tabungan penting di usia 40 tahun adalah tempat tinggal. Tentu saja setelah kebutuhan sandang (pokok), kebutuhan papan merupakan hal yang perlu dipenuhi. Sehingga sebelum usia 40 tahun sebaiknya kita sudah persiapkan dana untuk membeli atau membangun rumah.

Jika saat ini umur baru kepala dua dan sudah memiliki gambaran rumah impian bisa memulai membuat target tabungan. Target ini sangat membantu kita mewujudkan rumah impian sebelum umur 40-an.

Bisa dengan survei lokasi, nyicil beli tanah atau langsung membeli perumahan yang terjangkau dengan kemampuan kita.

3. Tabungan Pendidikan Anak

Wah, siapa yang sepakat pendidikan anak adalah hal penting saat ini. Betapa pendidikan anak adalah aset yang berharga sampai kita meninggal.

Dana pendidikan adalah investasi jangka panjang sehingga lebih baik simpan dalam bentuk aset seperti emas atau logam mulia. Jika dalam bentuk tabungan bisa kalap dan akhirnya tergoda untuk mengambil pada saat terdesak.

4. Jenis Tabungan Penting Usia 40 Tahun: Tabungan Pensiun

Usia 40-an memang usia transisi dari usia produktif menuju usia kematangan. Usia ini membuat banyak dari kita mulai nyaman dan tidak tergoda lagi untuk beralih bidang usaha lain, sehingga penting kita persiapkan dana pensiun.

Dana ini sangat bermanfaat saat menjalani masa tua nanti. Besarnya dana pensiun bisa sesuaikan dengan pendapatan kita. Saat ini juga banyak lembaga keuangan yang membantu pengelolaan dana pensiun sesuai keinginan kita.

Biasanya dana pensiun mulai dipersiapkan mulai usia produktif yaitu  15 sampai 64 tahun. Jenis tabungan ini penting sekali kita persiapkan agar masa tua bisa menikmati dan tidak menyusahkan anak dan cucu.

Betapa bahagianya saat kita pada usia pensiun bisa menikmati hari-hari tanpa memikirkan biaya hidup setiap harinya.

Itulah 4 jenis tabungan yang bisa kita siapkan sejak sekarang. Jadi saat usia 40 tahun datang kita bisa lebih maksimal dalam ibadah dan tidak menganggu tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga jika kita seorang suami.

Sebaliknya jika kita seorang wanita, akan lebih baik lagi dengan adanya dana ini. Semoga menginspirasi dan semangat ya.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan selalu temukan jawaban serta inspirasi setiap hari bersama Erudisi.