makanan yang bikin otak bayi cerdas
Source Image: fatherly.com

Ini Kebiasaan Yang Bikin Otak Bayi Cerdas, Ayah Bunda Wajib Tahu

ERUDISI.com – Jangan sepelekan kebiasaan yang bikin otak cerdas ya Ayah Bunda. Kebiasaan yang kita lakukan kepada anak-anak bisa menstimulasi mereka menjadi bayi yang smart lho. Jadi Ayah Bunda wajib tahu.

Kebiasaan Yang Bikin Cerdas

1. Lakukan Kontak Mata

Saat buah hati menatap kita atau kita sedang berbicara biasakan untuk melakukan kontak mata dengan mereka. Hal ini akan meningkatkan daya ingat mereka lho. Jangan lupa ekspresi yang tepat saat kita menatap mereka ya.

2. Kebiasaan Yang Bikin Otak Bayi Cerdas: Berhitung Bersama

Lakukan aktifitas berhitung bersama. Apapun yang ayah bunda lakukan bisa diaplikasikan sambil berhitung. Seperti menghitung langkah kaki, lampu jalanan, jumlah baju yang dilipat, jumlah uang dan lainnya.

Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan anak kita secara tidak langsung terekam di bawah alam sadar mereka.

3. Kembalikan Barang Yang Jatuh

Sudah rahasia umum bahwa bayi memiliki rasa keingintahuan yang besar. Termasuk saat mereka menjatuhkan barang-barang. Bagi mereka itu adalah pengalaman yang baru..

Jika itu yang sedang buah hati Ayah Bunda lakukan maka bermainlah bersama mereka. Kembalikan barang tersebut ke tempat tadi dan biarkan si kecil mengamati jatuhnya barang tersebut.

Jangan larang mereka tapi biarkan mereka bereksplorasi. Bisa saja mereka akan tertawa saat kita kembali barang tersebut atau mereka tertawa saat dirinya melemparkan barang.

Jangan kesal jika mereka melakukan itu, mereka sedang belajar hukum gravitasi. Mereka juga sedang belajar bahwa barang-barang tersebut tidak tetap tapi bisa berpindah.

4. Bermain Cilukba

Tahukah ayah bunda bahwa permainan Cilukba bukan sekedar permainan saja. Tapi memiliki manfaat bagi bayi lho. Melalui permainan cilukba, buah hati kita kena sedang belajar sebuah konsep.

Dikutip laman Parent Trust, disebutkan bahwa permainan Cilukba adalah awal bagi bayi belajar mengembangkan kemampuannya dalam mengenali objek secara permanen.

Objek permanen maksudnya yaitu pemahaman mengenai keberadaan sebuah objek yang akan tetap ada, meskipun tidak bisa secara langsung dilihat, dibaui, didengar, atau disentuh. Wow luar bisa sekali ya. Sekedar permainan menutup dan membuka tangan ke wajah saja bisa sedahsyat itu bagi otak bayi menjadi cerdas.

5. Manfaatkan Waktu Ganti Popok

Ayah bunda jangan sampai waktu ganti popok terbuang begitu saja. Padahal waktu itu jadi waktu terbaik kita berkomunikasi lebih instensif dengan anak.
Kita bisa mengenalkan anggota tubuh, menggelitiknya, bermain berbagai ekspresi dan kegiatan seru lainnya.

Kegiatan mengganti popok bisa meningkatkan keaktifan bayi serta mengenalkannya akan rutinitas.

6. Explore Tempat Baru

Ayah bunda, tahukah bahwa saat kita mengajak buah hati ke tempat baru. Tahukah mereka sedang mengamati sekitar mereka. Explore tempat baru ini akan membuat anak kita memiliki perbendaharaan kosa kata baru.

7. Bermain Cermin

Saat bayi melihat dirinya pada cermin tentu saja mereka mulai mengamati. Siapa yang akan ada di depannya. Saat buah hati tertawa, menangis, memukul dan hal lainnya. Apa yang dia lihat di depannya juga melakukan hal yang sama.

Biarkan anak kita mengamati dan mengenal persamaan lewat cermin.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk bikin otak bayi cerdas. Lakukan semua hal tersebut secara natural dan rasakan efeknya perlahan pada buah hati Ayah Bunda. Bahkan tanpa kita sadari semua itu akan jadi habit yang membuat anak kita smart.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Penyebab jamur mulut pada bayi

Jamur Mulut Pada Bayi, Ini Cara Cepat Penyembuhannya

ERUDISI.com – Jamur Mulut Pada Bayi, Ini Cara Cepat Penyembuhannya. Tidak bisa kita pungkiri jamur …