Ini Rahasia Dapur Aman Ibadah Lancar Selama Ramadhan, Yuk Praktekkan

ERUDISI.com – Mungkinkah dapur aman ibadah lancar saat Ramadhan? Tentu mungkin bestie. Kuncinya hanyalah perencanaan dan manajemen waktu yang berkualitas sebelum bulan mulia datang. Ramadhan

Juwita

Persiapan sambut ramadhan 2023
Source Images: Homedit

ERUDISI.com – Mungkinkah dapur aman ibadah lancar saat ? Tentu mungkin bestie. Kuncinya hanyalah perencanaan dan manajemen waktu yang berkualitas sebelum bulan mulia datang.
Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam kalender hijriah. Dimana seluruh Umat Muslim di dunia melaksanakan puasa wajib selama satu bulan penuh.
Puasa ini merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah dan juga bagian dari rukun Islam ketiga.
Bahkan dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 183 menjelaskan bagaimana Allah mewajibkan orang beriman untuk berpuasa sebagaimana Allah wajibkan bagi umat muslim sebelumnya. Tentu saja tujuan puasa ini adalah agar kita jadi orang yang bertakwa. Masya Allah.
Untuk mencapai ketakwaan tersebut maka kita sangat didorong untuk memaksimalkan bulan Mubarok tersebut dengan amalan-amalan yang Allah ridhai seperti membaca Alquran, bersedekah, tarawih. Dan untuk mengerjakan semua itu dibutuhkan waktu yang banyak dan akan membuat waktu yang kita gunakan sebelum untuk bekerja atau beristirahat harus dikorbankan.
Nah, agar ibadah kita lancar dan urusan dapur kita tidak menyita waktu kita butuh manajemen sebelum masuk bulan Ramadhan.

Rahasia Dapur Aman Ibadah Lancar Selama Ramadhan

1. Perencanaan

Inilah hal paling penting dilakukan sebelum kita memulai mempersiapkan semua kebutuhan dapur selama puasa. Buatlah perencanaan selama satu bulan penuh. Mulai dari rencana menu dan sahur, daftar belanja untuk stok, kebutuhan penting selama satu bulan dan hal-hal kecil lainnya.
Mulai diskusikan dengan keluarga. Apa yang mereka inginkan saat berbuka dan sahur. Bagaimana jika kita berbuka puasa di luar apa yang perlu diperhatikan. Pastikan semua kebutuhan dan keinginan semua keluarga sudah masuk daftar list.
Tak hanya stok bahan kering, kita juga bisa stok makanan frozen food karena sangat membantu sekali dalam kita menyiapkan buka puasa dan sahur.

2. Delegasi dan Tempel

Setelah kita selesai merencanakan hal-hal terkait dapur maka sebaiknya sampaikan hasil akhir agar semua bisa tahu. Setelah itu buat aturan terkait tugas masing-masing anggota keluarga. Mulai dari siapa yang menyiapkan makanan sahur dan berbuka dan mencuci piring.
Jangan sampai ibu yang mengerjakan semuanya. Ajak seluruh keluarga bekerja sama. Ini akan mempersingkat waktu di dapur dan kita bisa mengerjakan ibadah lebih lama.
Hal terbaik adalah tempel di tempat strategis terkait menu berbuka dan sahur termasuk tugas masing-masing. Tekankan bahwa jangan suka menunda-nunda pekerjaan.

3. Mulai Belanja Kebutuhan

Tentu saja setelah semua kita rencanakan, kita delegasikan. Mulailah belanja kebutuhan. Jika tidak punya banyak waktu bisa menggunakan aplikasi belanja online. Tapi tentu alangkah baiknya kita beli dan pilih sendiri.
Untuk bahan masak, lebih baik siapkan 1atau 2 hari sebelum ramadhan. Sementara untuk bahan masak, jika memiliki kapasitas penyimpanan besar bisa langsung stok selama satu bulan. Jika tidak bisa per 2 Minggu atau 1 minggu. Sesuaikan dengan kondisi saja.
Diantara stok makanan frozen yang bisa dibuat adalah ayam ungkep, ikan goreng, rendang, semur, nungget, bakso, dendeng dan banyak lagi.

4. Dapur Aman Ibadah Lancar Selama Ramadhan: Bergaya Hidup Sesuai Sunnah

Ya, jika semua sudah kita lakukan. Pastikan kita tidak berlebih-lebihan dalam menyiapkan makanan.Tetaplah bergaya hidup sesuai Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Jangan sampai makanan dan minuman yang kita sampai terbuang karena terlalu banyak.
Jika rasa terlalu banyak bisa bagikan kepada tetangga. Selain itu pastikan kita jika selalu konsumsi makanan sehat agar energi kita untuk melaksanakan ibadah selama Ramadhan cukup.

Itulah beberapa cara agar dapur aman ibadah lancar selama Ramadhan yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

 

Related Post