Aster Damayanti Purnamasari: Instruktur Penerbang Wanita Pertama

Aster Damayanti Purnamasari merupakan seorang ibu dengan satu anak yang sukses berkarir di dunia penerbangan. Ia sekarang sebagai instruktur penerbang wanita pertama di Indonesia dan sebagai seorang traveller, kita wajib mengetahui informasi tentang dunia transportasi salah satunya penerbangan. kali ini saya mengupas lebih dalam figur seorang Aster Damayanti, bagaimana ia bisa melangkah sejauh ini di dunia penerbangan.

Aster Damayanti di lahirkan di Pekanbaru Provinsi Riau pada tanggal 18 oktober 1976. pada masa kecilnya, ia sering jalan-jalan keluar negeri dengan menaiki pesawat terbang bersama ayahnya. setelah ia lulus SMU, melanjutkan ke salah satu perguruan tinggi Fakultas Arsitektur ITENAS.

Karena Aster memiliki cita-cita menjadi seorang pilot sejak kecil, maka ia memutuskan untuk mendaftar di salah satu sekolah penerbangan di  Navair International Flying Scholl Australia. namun untuk bersekolah di sana, Aster membutuhkan kerja keras. ia rela bekerja paruh waktu di salah satu restoran, karena beasiswa dan bantuan dari orang tuanya, hanya mampu mencukupi setengah dari biayanya sekolah.

Aster lulus dari sekolah penerbangan pada tahun 1997, tetapi ia tidak langsung bekerja menjadi seorang pilot. ia justru membuka kursus bahasa inggris di kampung halamannya Pekanbaru.

Pada tahun 1998, Aster memutuskan untuk pindah ke Jakarta bersama keluarganya. dan pada tahun 1999, Aster mencoba melamar sebagai Pilot di salah satu perusahaan penerbangan dan akhirnya di terima.

Karir Aster Damayanti sebagai pilot tidak semulus yang ia harapkan. pada tahun 2011, Aster mengalami serangan jantung dimana ia tidak bisa lagi menjadi seorang pilot. setelah itu ia direkomendasikan oleh teman-teman sesama Instruktur untuk menjadi Instruktur penerbangan. awalnya ia ragu, dengan berbekal pengalaman menjadi seorang pengajar, sekarang ia sukses menjadi seorang Mandatory Instruktor dan Crew resource management, Safety management system, Performance based navigation (RNP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here