Insulin adalah Jenis Hormon Pada Manusia, Sudah Tahu Belum?

Insulin adalah salah satu hormon pada tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam mengatur glukosa dalam tubuh. Ia akan bekerjasama dengan glukagon untuk mengatur kadar gula tersebut agar seseorang terhindar dari diabetes. Namun hal tersebut bukan jaminan orang tersebut terhindar dari diabetes apabila tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Apa Yang Terjadi Jika Insulin Terganggu?

Seperti halnya sebuah barang yang kita milik, hormon insulin akan bekerja dengan baik apabila dijaga dengan baik pula. Apabila tidak dijaga dengan mengatur pola makan dan faktor lainnya, maka akan berakibat fatal. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi ketika kinerja insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Diabetes Mellitus

Siapa yang tidak kenal penyakit terkenal satu ini? Ya, Diabetes Mellitus atau sering dikenal sebagai penyakit gula ini merupakan sebuah kondisi dimana dalam tubuh seseorang terdapat kadar gula yang melebihi batas normal. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh tidak bisa menggunakan glukosa yang masuk menjadi sebuah energi.

Adapun penyebab glukosa tidak dapat diubah karena jumlah insulin yang rendah atau sel dalam tubuh tidak bereaksi dengan insulin. Ada beberapa kejadian yang menyebabkan produksi insulin menjadi berlebihan, salah satunya adalah tumor kecil yang muncul di pankreas atau disebut sebagai Insulinoma.

Resistensi Insulin

Sebuah kondisi dimana sel otot, hati hingga lemak tidak bekerja dengan optimal menggunakan insulin. Akibatnya, pankreas menjadi bekerja lebih keras agar produksi insulin dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Tujuannya adalah agar kadar glukosa yang masuk dalam tubuh segera diolah menjadi energi. Kondisi seperti ini harus segera ditangani oleh tim medis agar nantinya tidak berkembang menjadi penyakit diabetes.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Istilah satu ini mungkin terdengar asing bagi beberapa orang, namun kondisi ini harus Anda perhatikan lebih. PCOS merupakan sebuah kondisi dimana ovarium mengalami gangguan dan tidak dapat bekerja dengan optimal. Lantas apa hubungannya dengan kinerja insulin?

PCOS ini akan membuat beberapa hormon yang terdapat pada manusia menjadi abnormal, termasuk pada hormon insulin. Dampaknya pada hormon insulin adalah produksinya menjadi lebih tinggi. Terlebih, pada wanita lebih rendah mengalami resistensi insulin. Dengan demikian produksi insulinnya menjadi lebih banyak.

Sindrom Metabolik

Sebuah kondisi dimana hal ini bisa meningkatkan rasio terserang penyakit jantung ataupun masalah kesehatan lain. Contoh lainnya disini adalah stroke hingga diabetes. Apabila insulin tidak dapat bekerja secara optimal, maka dapat meningkatkan resiko seseorang terserang sindrom metabolik ini.

Akibat Dari Kelebihan dan Kekurangan Insulin

Adanya perubahan hormon pada wanita menjadi salah satu penyebab mengapa wanita lebih rentan terhadap penyakit diabetes. Kinerja insulin dalam tubuh seseorang bisa dipengaruhi banyak hal, salah satunya dari gaya hidupnya. Seseorang bisa saja mengalami kelebihan ataupun kekurangan insulin dalam tubuh mereka.

Kelebihan Insulin

Seseorang yang memiliki insulin dalam jumlah banyak pada tubuh akan mempengaruhi kondisi kesehatannya. Kelebihan insulin dapat mengakibatkan sel menjadi berlebihan dalam mengambil glukosa dalam darah. Apabila terus berlanjut, maka orang tersebut akan mengalami hipoglikemia.

Hipoglikemia merupakan sebuah kondisi medis dimana seseorang akan mengalami gangguan kesehatan yang tidak wajar. Adapun yang sering dijumpai adalah merasa pusing, lapar, kesakitan, cemas, lemas dan lain sebagainya. Jika kondisi medis ini terus berlanjut, maka bisa berpengaruh pada kondisi otak seseorang. Bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan koma.

Kekurangan Insulin

Kelebihan dan kekurangan insulin dalam tubuh sama-sama menyebabkan kondisi medis yang membutuhkan perhatian khusus. Pada kondisi kekurangan insulin, maka glukosa tidak bisa diambil dengan maksimal oleh sel-sel tubuh. Dengan demikian, glukosa akan mengendap dalam darah dalam jumlah yang tinggi. Kondisi medis ini kemudian dikenal sebagai hiperglikemia.

Jika hiperglikemia tidak segera ditangani, maka orang tersebut memiliki resiko yang sangat tinggi terjangkit penyakit diabetes mellitus, baik dari tipe 1 ataupun menjadi tipe 2. Bahayanya adalah penyakit DM ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit degeneratif.

Penutup

Melihat kondisi di atas, alangkah baiknya kita menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan yang baik dan gaya hidup yang sehat. Dengan kombinasi keduanya, maka kamu bisa terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya karena insulin yang tidak bekerja dengan optimal.