Istilah-istilah yang Sering Digunakan Saat Bepergian dengan Pesawat Terbang

Bagi Anda yang baru akan bepergian dengan pesawat terbang, ada banyak istilah yang sering digunakan dalam dunia penerbangan yang perlu Anda ketahui.

Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut, akan mempermudah dan membuat nyaman perjalanan Anda. Berikut beberapa istilah yang sering digunakan bila Anda bepergian menggunakan pesawat terbang:

1. Kabin

Kabin

Kabin adalah ruangan pada pesawat terbang yang digunakan untuk para penumpang. Kabin dapat dibagi menjadi beberapa bagian area untuk awak dan penumpang pesawat, dapur kabin dan penyimpanan keperluan selama penerbangan.

2. Cabin Crew (kru kabin)

Cabin crew adalah kru yang bertugas melayani para penumpang di kabin pesawat. Cabin Crew lebih dikenal dengan istilah pramugari atau pramugara.

3. Check in

Check-In adalah pendaftaran calon penumpang yang sudah mempunyai tiket sebelum keberangkatan, sekaligus menentukan nomor kursi di dalam pesawat.

4. Boarding Pass

Boarding pas yang diberikan oleh maskapai penerbangan kepada para penumpangnya pada saat check in di bandara. Boarding pass ini berguna untuk masuk ke dalam pesawat untuk penerbangan tertentu. Boarding pass berisikan identitas penumpang, nomor penerbangan, tempat duduk serta tanggal dan jam keberangkatan.

5. Boarding

Boarding adalah istilah yang digunakan untuk mempersilakan penumpang masuk ke dalam pesawat. Pada saat boarding inilah Anda memasuki pesawat.

6. Baggage

Bagasi

Bagasi dapat diartikan sebagai bagasi. Tetapi dalam penerbangan bagage berarti barang bawaan yang dibawa oleh penumpang.

7. Over Baggage

Over baggage berarti kelebihan barang bawaan. Jika Anda mengalami over baggage, Anda harus membayar biaya tambahan. Tarif yang diberikan masing-masing maskapai berbeda, tergantung kebijakan yang berlaku.

8. Delay

Delay yaitu keterlambatan dalam penerbangan atau keberangkatan, biasanya para penumpang harus menunggu keberangkatannya, bahkan hingga berjam-jam atau harus menginap di bandara. Penyebab terjadinya delay biasanya dikarenakan kesalahan maskapai dalam ketepatan waktu, pengaturan jadwal pesawat, jumlah pesawat, skedul penerbangan dan jadwal para awak kabin.

9. Divert

Diver berarti pengalihan pendaratan. Hal ini bisa terjadi karena cuaca buruk atau hal yang berkaitan dengan teknis sehingga pesawat tidak memungkinkan untuk mendarat di tempat tujuan. Biasanya pesawat akan mendarat ke bandara terdekat.

10. Take off

Take Off

Takeoff adalah tahap penerbangan di mana suatu pesawat terbang pada suatu transisi dari berjalan di landasan untuk terbang ke udara. Pada saat take off, Anda wajib mengenakan safety belt.

11. Safety Belt

Safety belt adalah sabuk pengaman yang digunakan oleh penumpang pesawat.

12. Landing

Landing

Landing adalah kebalikan dari take off, yaitu proses pendaratan yang dilakukan pesawat dari udara ke landasan bandara.

13. Security Check

Security check artinya pemeriksaan keamanan yang dilakukan oleh petugas keamanan bandara. Petugas menggunakan peralatan khusus untuk memeriksa calon penumpang pesawat.

14. Transit

Transit adalah perhentian sementara untuk berganti pesawat atau melanjutkan pesawat yang sama, tapi dengan mayoritas penumpang yang berbeda untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

15. Connecting Flight

Connecting flight adalah pergantian penerbangan yang transit di bandara lain sebelum berangkat lagi menuju tujuan yang sebenarnya.