Inilah Agen Jual Beli Mobil Bekas Terpercaya di Indonesia

Membeli mobil bekas bukan hal mudah dan membutuhkan pengecekan di berbagai sektor dan hampir seluruhnya. Sekarang ini memang sudah ada banyak agen jual beli mobil bekas di Indonesia dan memiliki berbagai macam mobil yang dalam kondisi beragam pula. Namun agar tidak tertipu, ada baiknya mengetahui tips membeli mobil bekas berikut ini.

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Kelengkapan Dokumen atau Surat

Surat tanda kelengkapan kendaraan wajib untuk dicek terlebih dahulu agar terhindar dari penipuan. Pastikan surat-surat seperti BPKB, STNK dan sejenisnya merupakan atas nama pemiliknya asli untuk mempermudah urusan administrasi nantinya. Perhatikan juga faktor atau nomor kerangka mesin mobil dan pastikan semuanya sesuai yang tertera dalam surat tersebut.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang meyakinkan, sebaiknya dihindari untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Disisi lain juga pastikan pemilik sebelumnya telah membayar pajak rutin dan tidak menunggak. Pasalnya jika menunggak akan dibebankan kepada pemilik setelahnya.

2. Cek Kondisi Mesin

Ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja dan harus dilakukan secara teliti serta berhati-hati. Bisa dimulai dengan mengecek kondisi starter mobilnya, apakah mudah atau sulit. Perhatikan juga suara mesin yang ditimbulkan, apakah masih halus atau mulai rusak. Jika di-starter saja sulit ata bermasalah, sebaiknya dihindari.

Lakukan juga test drive untuk menguji hal-hal lain seperti kaki mobil, transmisi, rem hingga kondisi stir mobil. Jika seluruhnya terasa nyaman dan kondisi mesin masih dalam keadaan prima, maka dapat dipertimbangkan untuk dibeli. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada mesin karena akan mengganggu kinerjanya.

3. Cek Kondisi Body Mobil

Body mobil atau eksterior juga perlu diperhatikan untuk memastikan seluruhnya dalam kondisi baik seperti yang ditawarkan. Cek mulai dari cat mobil, apakah terdapat goresan atau tidak dan perhatikan juga warna catnya masih original seluruhnya atau terdapat yang belang. Apabila terdapat yang belang, ada kemungkinan mobil pernah lecet atau tergores sesuatu.

Cek juga bagian kaca, apakah masih mulus atau sudah ada retakan bahkan dalam kondisi yang pecah. Pastikan juga kerangka mobil dalam kondisi baik dan bukan bekas tabrakan ataupun sejenisnya. Cek juga bagian lampunya, apakah ada yang pecah, tidak menyala atau menyala tapi redup. Ini sangat penting agar pembeli benar-benar tidak perlu melakukan servis tambahan lainnya.

Cek bagian ban mobil secara keseluruhan dan lihat kondisinya apakah masih bagus atau minta segera diganti. Pastikan juga kerangka mobil bagian bawah masih baik dan tidak keropos. Caranya adalah tinggal masuk ke kolong mobil dan perhatikan seluruhnya. Disisi lain juga dapat melihat apakah ada kebocoran mesin atau tidak.

4. Cek Interior dan Aksesoris

Bagian interior yang perlu dicek diantaranya adalah AC, audio, dashboard, jok, langit-langit mobil dan tombol fungsi lainnya. Mulai dari jok pengemudi sendiri, cek apakah dapat digeser secara mudah atau tidak. Perhatikan juga kenyamanan dalam duduk, penggunaan sabuk pengaman dan fungsi lainnya harus normal. Beralih ke AC mobil, apakah berfungsi secara normal atau sudah mulai rusak.

Cek tombol untuk membuka atau menutup kaca apakah masih berfungsi dengan baik atau mengalami kendala seperti sulit ditutup. Selain itu juga perlu mengecek tombol lain yang terdapat pada mobil tersebut dan pastikan seluruhnya dapat bekerja secara normal. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi lampu hazard, depan hingga rem.

5. Cross Check Harga

Harga yang ditawarkan disini umumnya tergantung dari kondisi mobil tersebut, namun pastikan telah melakukan cross check harga jualnya. Misalkan harga untuk mobil bekas jenis A dengan kondisi yang masih prima berkisar 400 juta, namun pihak showroom menawarkan harga 500 juta. Disini perlu adanya pengecekan terkait poin-poin di atas untuk menyesuaikan harganya.

Apabila seluruh mesin dan performanya seperti yang telah dibicarakan dan berjalan dengan baik seluruhnya, maka harga tersebut mungkin sudah sesuai harga pasar. Namun cobalah untuk menawar dengan menurunkan harganya, misalkan menjadi 450 juta dan sebagainya. Disini pembeli harus pintar-pintar melihat kondisi dan menawar harga yang sesuai.

Penutup

Memang tidak mudah membeli mobil bekas karena perlu mengecek bagian A-Z secara teliti. Apabila tidak teliti dan terlewat begitu saja, nantinya bisa muncul hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang ingin jual beli mobil bekas berkelas dan terpercaya, bisa ke Mobil88 Astra dan temukan mobil idaman Anda.