11 Hal Wajib Diketahui Sebelum Ke Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey

Erudisi.com – Area wisata Ranca Upas setidaknya kurang lebih memiliki luas 215 hektar dan berada pada kurang lebih 1700 meter diatas permukaan laut serta mempunyai suhu yang ekstrim 17 derajat sampai dengan 20 derajat celcius pada siang hari. Hmmm kalau suhunya sedingin itu kira kira cocok gak ya jual gorengan disana ? Misal wajan, panci dan sejenisnya? 😀

Nah, untuk suhu pada malam harinya yang pasti bisa dibayangkan dong kalau siang saja sudah 17 – 20 derajat celcius maka pada malam hari bisa dipastikan dibawah 17 derajat celcius.

1. Tempat Pemandian Air Panas

Bagi Anda yang takut kedinginan karena udara dingin disana tidak usah khawatir karena tempat wisata satu ini memiliki fasilitas pemandian air panas, sehingga jikalau Anda merasa kedinginan bisa menikmati kehangatan dengan mandi dikolam pemandian air panas tersebut  sambil menikmati secangkir minuman hangat serta menikmati indahnya pemandangan hutan hijau yang masih alami.

Namun pemandian air panas ini tidak gratis lho ya alias berbayar, dana yang harus dikeluarkan kurang lebihnya sekitar Rp15.000. Biaya untuk mandi di air hangat ini berbeda dengan biaya masuk per orang dan biaya masuk kendaraan.

2. Petualangan / Adventure

Nah, selain menikmati indahnya alam anda juga bisa mencoba berpetualang dengan berbagai tantangan seperti kegiatan outbond. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan keluarga, teman dekat atau dengan berkelompok bersama orang lain yang anda dikenal. Selain petualangan tersebut memicu andrenalin juga menyehatkan tubuh karena termasuk olah raga.

Beberapa diantaranya yang layak dicoba seperti bersepeda, flaying fox, elvis bridge, buma, jembatan goyang dan masih banyak lagi. Tertarik ? Persiapkan diri Anda bersama keluarga atau kerabat dekat untuk mengunjungi wisata menarik satu ini.

Untuk perkiraan harga bisa dilihat dibawah ini ya :

• Flaying Fox harga berkisar Rp.15.000
• Elvis Bridge harga berkisar Rp.15.000
• Buma V harga berkisar Rp.15.000
• Jembatan Goyang harga berkisar Rp.15.000
• Buggle Trampolin harga berkisar Rp.15.000
• Paint Ball harga berkisar Rp.90.000
• Sepeda Gunung harga berkisar Rp.10.000/Jam

3. Permainan Seru / Fun Games

Fasilitas ini juga patut dicoba karena telah disediakan, permainan yang bisa di coba adalah sejenis perahu dan selebihnya nanti Anda bisa mencoba satu persatu. Harganya pun murah mulai dari Rp75.000

4. Areal Camping / Smart Camp Adventure

Jika berniat ingin berkemah di sini tidak perlu khawatir kehabisan tempat karena tempat yang disediakan sangat luas sehingga kemungkinan penuh sangatlah kecil. Untuk memilih tempat mendirikan tenda, Anda bisa mendirikan di dekat kolam atau ditempat sejuk lainnya.

Semua areal camping sama sejuk dan indah dengan tempat lain dilokasi tersebut, tinggal Anda sendiri memilih dan menentukan dimana yang pas dihati untuk mendirikan tenda sehingga Anda nyaman saat tinggal di dalam tenda tersebut bersama teman atau keluarga terkasih.

Saat Anda menginap ditenda pada area camping ini, pada pagi harinya Anda akan mendapatkan bonus yaitu berupa sejuta kabut yang akan siap menemani Anda saat sarapan pagi dan menikmati santai dengan hawa dingin sambil menikmati secangkir wedang jahe atau kopi misalnya.

Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa spot di area camping  ini terbilang biasa saja namun tidak sedikit orang yang menyatakan bahwa mereka katagihan dengan suasana alam yang dimiliki oleh area wisata ranca upas ini.

Jika Anda ingin sedikit berhemat saat ingin mendirikan tenda dan bermalam disini disarankan agar membawa perlengkapan tenda sendiri atau menyewa tenda dari tempat lain namun hal ini biasanya menyulitkan Anda karena harus banyak membawa perlengkapan.

Ngomong-ngomong tentang tenda, ranca upas menyediakan penyewaan tenda kok jika Anda tidak mau dipusingkan dengan membawa peralatan banyak.

Lihat daftar harganya dibawah ini untuk Smart Camp Adventure :

• Pemesanan tempat berkisar Rp.500.000
• Sewa lampu petromax berkisar Rp.50.000
• Beli Kayu bakar berkisar Rp.15.000
• Sewa Matras berkisar Rp.15.000
• Sewa Sleeping Bag berkisar Rp.25.000
• Sewa Extra Bed berkisar Rp.70.000
• Sewa Tenda Jenis Pleton berkisar Rp.600.000/40 jiwa
• Sewa Tenda Jenis Regu berkisar Rp.400.000/20 jiwa
• Sewa Tenda Jenis Charly berkisar Rp 300.000/5-7 Jiwa
• Sewa Tenda Jenis Cahrly berkisar Rp.150.000/2-3 jiwa
• Sewa Tenda Jenis Roofi berkisar Rp.350.000/12 Jiwa
• Sewa Tenda Jenis Vango berkisar Rp.350.000/10 jiwa
• Sewa Tenda Untuk Pesta berkisar Rp.600.000/perhari
• Sewa Tenda Untuk Panggung berkisar Rp.700.000/perhari
• Sewa Sound Sistem berkisar Rp.1000.000/perhari
• Sewa Gedung Serbaguna berkisar Rp.1500.000/Gathering, Meeting, dsb
• Instalasi Listrik berkisar Rp.600.000

Catatan : Harga bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya dan itu tergantung kebijakan dari penyewa. Jadi, gunakan daftar harga diatas sebagai persiapan saja.

• Tips Camping

Sebelum Anda berangkat ke wisata alam ini silahkan periksa kembali barang bawaan Anda sperti obat obatan, jaket tebal, senter, kaos kaki, sarung tangan, selimut serta kamera untuk mengabadikan momen tertentu pada pagi harinya.

Karena mengingat tempat ini yang begitu dingin maka persiapkan jauh jauh hari dan jangan ada yang tertinggal. Beberapa orang ada yang tidak tahan dengan keadaan suhu dingin sehingga bisa saja hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya seperti flu dan sebagainya dan disanalah peran obat-obatan sangat penting.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana yang diperlukan, untuk diketahui bahwa di area tersebut sepertinya belum tersedia Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Jangan sampai nanti disana Anda kehabisan biaya karena jika itu terjadi Anda harus keluar dari area untuk mencari dan  menemukan ATM.

Untuk datang ke lokasi ini usahakan pada siang hari atau sebelum sore hari, acara camping yang tidak dipersiapkan dari siang atau sore hari seperti mememilih area, memasang tenda dan yang hal lainnya itu membutuhkan banyak waktu.

Maka dari itu sangat disayangkan karena waktu yang seharusnya kita gunakan untuk menikmati suasana pada sore atau malam hari malah kita disibukkan dengan memasang tenda dan menyiapkan untuk keperluan lainnya.

5. Penangkaran Rusa

Jika Anda belum pernah mellihat hewan seperti rusa maka tepat sekali jika Anda jalan-jalan ke ranca upas ini. Selain menikmati pemandangan alam yang sejuk dan indah, Anda juga bisa melihat rusa berkeliaran di area ini karena rusa-rusa tersebut memang sengaja di urus di area ini agar terjaga kelestariannya.

Selain itu juga Anda bisa langsung memberi makan pada rusa tersebut dan Anda tidak perlu takut karena rusa-rusa tersebut bukanlah jenis binatang buas sehingga Anda bisa leluasa memberi makan sepuasnya sampai membelai rusa rusa tersebut. So amazing 😀

Oh iya, kalau Anda mau memberi makan rusa-rusa yang ada di dalam wisata ranca upas, Anda harus membeli wortelnya di area tersebut. Jika Anda telah membeli wortel, maka Anda hanya cukup diam, maka rusa-rusa disanalah yang akan menghampiri Anda.

6. Oleh Oleh Khas Pada Ranca Upas

Biasanya kalau kita berkunjung ke suatu tempat pasti pada saat kita pulang yang ditanya oleh saudara atau tetangga adalah oleh-oleh. Destinasi ini juga menyediakan oleh-oleh tersebut seperti sejenis dodol.

dodol ini banyak macamnya, namun warga area wisata hijau ini memang membuat dodol ini berbeda. Dodol ini terbuat dari buah Strawberry dan di olah langsung dari perkebunannya sehingga dodol ini sangat aman untuk di konsumsi dan bergizi tinggi.

Untuk mencari dodol Strawberry ini tidak sulit kok bahkan sangat gampang di temui di sekitaran wisata area ranca upas ini dan harganya dijamin tidak bikin kantong jebol. Sehat dan murah-meriah itulah semboyan yang pas untuk dodol Strawberry khas satu ini dan Anda wajib mencobanya.

7. Harga Tiket Masuk

Untuk  per-orangnya akan diberlakukan biaya kurang lebih Rp.10.000 – 15.000
Untuk kendaraan roda 2 atau sepeda motor kurang lebih mengeluarkan biaya Rp.2000
Untuk kendaraan roda 4 atau mobil kurang lebih harus mengeluarkan biaya Rp.5000
Untuk kendaraan bus kecil atau besar kurang lebih mengeluarkan biaya Rp. 20.000

Catatan : Biaya diatas hanya perkiraan karena kebijakan dari ranca upas sewaktu waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

8. Jam Operasional Pada Wisata Ranca Upas

Untuk sementara destinasi ini tidak pernah tutup atau buka 24 jam penuh, ini artinya mereka tidak membatasi untuk jam masuk. Jadi Anda bisa sesuka hati untuk datang kesini. Jika Anda hanya ingin menikmati wisata satu ini tanpa menginap Anda bisa datang pagi pagi dan kalau ingin menginap dan mendirikan tenda datanglah siang atau sebelum sore hari.

9. Alamat

Jalan Cidewey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali,patengan, Bandung, Jawa Barat.
Maps            : Lokasi Peta
Online View  : Lokasi Via Steet View

10. Foto Momen Pernikahan / Prewedding Photos

Karena tempatnya indah nan asri, banyak yang hendak menikah memilih untuk melakukan foto prewedding di destinasi satu ini. Selain banyak spot yang disediakan, Anda juga bisa menyewa pawang rusa agar nantinya Anda bisa berfoto dengan rusa.

Untuk menyewa pawang rusa dikenakan biaya berkisar Rp150.000 sampai dengan Rp250.000 dan menurut kami itu harga yang sesuai untuk sebuah moment yang hanya kita lakukan sekali seumur hidup dan di ranca upas juga disediakan ruang untuk berganti kostum nantinya.

Untuk masalah foto Anda bisa membawa fotographer kesayangan Anda atau Anda juga bisa menyewa fotographer lain yang disediakan disana. Jika masih bingung jangan sungkan untuk bertanya pada dibagian administrasi atau bagian umum.

11. Testimoni Pengunjung Ranca Upas

Tidak sedikit pengunjung yang melakukan testimoni atau me-review tentang wisata satu ini , banyak yang berkata mereka sangat puas dengan pelayanan dari tim pengelola area tersebut. Dari informasi yang didapat mereka juga sangat menikmati karena hutan yang dijadikan tempat wisata tersebut sangat dijaga kelestariannya.

Seperti masalah kebersihan, disini sangat prioritas dengan kebersihan lingkungan sekitar dengan diadakannya pemempatan kotak sampah di banyak tempat agar nantinya pengunjung tidak membuang sampah sembarang tempat. Mari kita ikut menjaga kelestariannya ya.

Namun ada info lain yang kami dapat bahwa ada beberapa hal yang memang harus diperbaiiki seperti fasilitas kamar mandi, banyak pengunjung yang membicarakan tentang hal ini. Tapi jangan khawatir karena kamar mandi yang belum diperbaiki hanya beberapa area saja, selebihnya kamar mandi tersebut masih sangat layak untuk digunakan.

Selain kamar mandi pihak pengelola juga sudah membongkar tanggul pohon yang ada pada area parkir yang berdekatan dengan spot danau. Ini artinya pihak pengelola benar benar memperhatikan keindahan mulai dari area parkir sampai area yang lain yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu.