Kanker: Pandangan Umum

Apa itu kanker?

Tubuh kita tersusun dari begitu banyak jenis sel. Secara normal, sel tumbuh, membelah diri (berkembang), kemudian mati, digantikan oleh sel baru lainnya.

Namun adakalanya, sel berubah (bermutasi) dan mulai berkembangan lebih cepat dibandingkan sel normal lainnya. Alih-alih kemudian mati, sel-sel ini justru berkumpul menjadi satu, membentuk apa yang dinamakan sebagai tumor.

Jika tumor ini bersifat kanker (biasa juga disebut tumor ganas), maka tumor dapat menyerang dan membunuh jaringan tubuh lainnya yang sehat. Dari tumor ini, sel-sel kanker kemudian dapat menyebar dan membentuk tumor baru pada bagian tubuh yang lain.

Sebaliknya, tumor yang tidak bersifat kanker (biasa disebut dengan tumor jinak), tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

Ada banyak jenis kanker, namun semua kanker selalu berawal dari pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal, lebih cepat dan di luar kendali. Biasanya jenis kanker ditentukan berdasarkan jenis sel yang mulai tumbuh tidak normal, dan di bagian tubuh mana sel tersebut mulai berkembang.

Jenis kanker yang paling umum menyerang orang dewasa adalah: kanker kulit, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara, kanker dinding rahim, kanker indung telur dan kanker prostat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here