Kehamilan Trimester Pertama

Bagi seorang wanita, proses kehamilan merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, sekaligus juga mungkin merupakan saat-saat yang mendebarkan. Ada banyak pertanyaan seputar kehamilan, kesehatan bayi dan sebagainya, yang berkecamuk di kepala, terutama bagi mereka yang mengalami kehamilan pertamanya.

Informasi yang tepat tentang kehamilan yang sehat akan banyak membantu para calon ibu untuk menjalani kehamilannya dengan sehat dan menyenangkan.

Apa tanda awal dari Kehamilan?

Terhentinya menstruasi merupakan salah satu tanda awal dari kehamilan. Anda juga mungkin akan mengalami sedikit sedikit kram pada perut bagian bawah, dan sedikit perdarahan pada saat telur yang telah dibuahi ‘melekatkan diri’ di dinding rahim.

Jika Anda mengalami keterlambatan menstruasi dan Anda curiga bahwa Anda hamil, maka Anda bisa memastikan dengan melakukan tes sendiri di rumah menggunakan test pack yang banyak dijual di apotek terdekat.

Tes ini cukup bahkan bisa dikatakan sangat akurat, jika dilakukan beberapa hari sampai 1 minggu dari tanggal biasanya Anda datang bulan. Jika masih ragu, Anda bisa lebih memastikan dengan mengunjungi dokter.

Mengapa saya merasa begitu letih pada kehamilan trimester pertama?

Merasa sangat keletihan adalah tanda-tanda paling umum pada awal-awal kehamilan. Tubuh Anda sedang ‘bekerja keras’ untuk menyesuaikan dengan terjadinya kehamilan tersebut dan hal ini dapat menyebabkan rasa letih atau lelah yang sangat. Anda mungkin membutuhkan waktu tidur lebih lama di malam hari dan tidur beberapa lama di siang hari, jika diperlukan. Biasanya gejala ini akan hilang ketika memasuki trimester (3 bulan) kedua.

Apa itu morning sickness?

Ini adalah gejala mual dan muntah yang biasa dialami di pagi hari oleh ibu hamil di bulan-bulan awal kehamilan. Mual-mual dan muntah ini disebabkan oleh kerja hormon-hormon kehamilan, dan bisa juga dialami sewaktu-waktu, bukan hanya di pagi hari. Beberapa jenis makanan atau aroma tertentu mungkin membuat Anda merasa mual atau mungkin muntah. Beberapa ibu hamil juga menyebutkan mereka merasa lebih mual pada saat perut dalam keadaan kosong.

Morning sickness biasanya dimulai beberapa hari sejak terhentinya menstruasi. Gejala ini akan membaik bahkan hilang sama sekali ketika memasuki masa trimester kedua kehamilan.

Perubahan lain yang terjadi di trimester pertama:

Sering buang air kecil. Menjelang akhir trimester pertama, Anda mungkin akan lebih sering buang air kecil. Ini disebabkan rahim yang membesar menekan kantung kemih. Mungkin juga keluar sedikit air kencing tanpa sengaja pada saat Anda batuk atau bersin dengan kuat, penyebabnya sama karena terjadi tekanan pada kantung kemih.

  • Perut mulai membesar. Lingkar pinggang Anda mulai berkembang seiring bayi dan rahim Anda tumbuh bertambah besar. Tergantung ukuran sebelum hamil, mungkin Anda tidak menyadari perubahan ini sampai memasuki trimester kedua.
  • Sakit kepala ringan. Tubuh Anda bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak darah guna mendukung pertumbuhan bayi. Ini menyebabkan Anda merasa sakit kepala atau sedikit pusing. Rasa lapar, keletihan dan stress dapat memperburuk gejala ini. Jika rasa pusing Anda tidak tertahankan, dan Anda mengalami perdarahan vagina atau mengalami sakit pada perut bagian bawah, segera kunjungi petugas kesehatan atau dokter.
  • Mulas-mulas. Hormon-hormon kehamilan memperlambat proses pencernaan untuk memberi kesempatan tubuh Anda menyerap nutrisi lebih banyak. Saluran pencernaan Anda menjadi lebih relaks menyebabkan makanan tinggal lebih lama di dalam perut, dan ini menyebabkan Anda mengalami rasa mulas berkepanjangan.
  • Konstipasi. Melambatnya proses pencernaan juga dapat menyebabkan konstipasi atau susah buang air besar, dan perut terasa penuh (kembung). Anda juga mungkin mengkonsumsi vitamin kehamilan yang mengandung zat besi. Zat besi ini dapat menyebabkan konstipasi. Konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin menyarankan penambahan suplemen serat atau obat tertentu untuk melunakkan tinja. Jika gejala ini sangat mengganggu, ceritakan kepada dokter. Dokter mungkin menyarakan vitamin tambahan lainnya.
  • Pembuluh darah terlihat jelas. Pembuluh darah kebiruan mungkin muncul dan terlihat jelas pada perut, dada dan kaki, karena tubuh Anda memproduksi lebih banyak darah dan jantung Anda memompa lebih keras untuk memenuhi kebutuhan kehamilan. Tidak ada yang perlu dirisaukan dengan perubahan ini.
  • Perubahan kulit. Biasanya orang-orang sekitar Anda yang lebih dulu melihat perubahan pada kulit Anda. Kulit Anda terlihat kemerahan, lebih ‘berkilau’, lebih memancarkan cahaya kecantikan. Ini disebabkan oleh meningkatkan peredaran darah di tubuh Anda. Tapi selain itu, hormon kehamilan dapat membuat produksi minyak berlebih pada kulit, ini dapat menyebabkan munculnya jerawat kecil.
  • Perubahan payudara. Banyak wanita merasakan perubahan pada payudara mereka pada awal-awal kehamilan. Hormon-hormon sedang mempersiapkan payudara Anda untuk keperluan menyusui. Perubahan ini membuat payudara Anda terasa lebih lembut dan membesar. Anda juga mungkin menemukan tonjolan-tonjolan kecil pada area sekitar puting. Payudara Anda akan terus berkembang dan membesar seiring usia kehamilan, yang pada saatnya nanti siap memberikan ASI untuk si buah hati.
  • Perubahan vagina. Lapisan pada vagina akan menjadi lebih tebal dan kurang sensitif. Anda juga mungkin mengalami sedikit keputihan yang normal dialami pada saat kehamilan. Keluarnya sedikit cairan dari vagina juga adalah hal umum dan normal. Namun demikian, Anda harus segera menemui dokter bila mengalami perdarahan dari vagina. Jika perdarahan lebih hebat dan terasa sakit, Anda harus menjalani perawatan intensif secepatnya.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kehamilan trimester pertama. Ingat selalu bahwa kehamilan adalah sebuah anugerah, yang perlu dijaga serta sudah seharusnya menyenangkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here