Kesalahan Fatal Optimasi SEO untuk Pemula

Sebenarnya optimasi seo agak rancu untuk menjadi judul artikel ini karena seo itu sendiri artinya adalah optimasi mesin pencarian. Tapi tak apalah, saya hanya berusaha membuat judul yang mudah dipahami dan dicari oleh pengunjung karena hal tersebut juga masuk dalam syarat optimasi mesin pencarian.

Ide untuk membuat artikel ini muncul setelah saya membaca beberapa artikel-artikel seo baik dalam bentuk Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Selain itu beberapa pertanyaan di forum-forum yang saya ikuti juga menjadi salah satu alasan kenapa artikel ini muncul.

Saya memang bukan master dalam dunia SEO, namun beberapa trik optimasi yang saya lakukan baik itu benar maupun salah membuat saya ingin berbagi pengalaman dengan kawan-kawan semua khususnya pemula yang baru terjun dalam dunia ini.

1. Baca dengan teliti referensi optimasi seo Anda

Ada banyak istilah dalam optimasi seo dan terkadang sangat membingungkan. Tidak semua ditulis dengan bahasa yang sederhana atau jelas menuju sasaran. Banyak yang ditulis dengan gaya bahasa implisit, kita harus memakai logika kita untuk memaknai kata tersebut. Apabila perlu, ulang kembali apa yang telah Anda baca agar tidak terjadi kesalahpahaman. Manfaatkan kolom komentar untuk memperjelas pemahaman Anda terhadap kalimat yang telah Anda cerna.

Hal ini memang sepele, toh hanya masalah membaca. Tapi efeknya bisa sangat besar terhadap perjalanan blog Anda. Bisa jadi apa yang Anda baca rupanya mengarah ke pemahaman yang sangat jauh dari bayangan Anda sebelumnya. Jadi tambahkan referensi Anda sebanyak mungkin tentang optimasi SEO agar Anda mudah untuk menyimpulkan apa saja yang telah Anda baca.

2. Terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa itu sulit

Tujuan melakukan penjelajahan dari satu situs ke situs lainnya adalah mendapatkan jawaban yang tepat atas segudang pertanyaan yang Anda miliki. Ketika Anda bertemu dengan sebuah teknik optimasi SEO dan menganggap itu terlalu panjang dan sulit maka Anda menyia-nyiakan kesempatan untuk mengoptimasi daya pikir Anda untuk hal-hal yang baru.

Memang tidak semuanya harus dijelaskan dengan bahasa yang rumit dan panjang. Namun terkadang beberapa author ingin menyajikan pembacanya sebuah teknik optimasi yang lengkap berikut dengan rahasia-rahasia yang terkandung di dalamnya.

Jadi biasakan Anda membaca sebuah artikel rumit (menurut Anda) untuk memperluas pengalaman yang telah ada.

3. Baca sebanyak mungkin referensi seo

Tujuannya apa?? Anda harus tahu teknik optimasi seo mana yang benar dan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Mungkin teknik itu benar namun terkadang tidak cocok dengan situs yang Anda miliki. Lebih parah lagi apabila sebuah situs membicarakan atau memberikan paparan yang menyesatkan. Kalau bahasa kerennya “He does not know what he’s talking about“.

Selain itu tujuan memperbanyak referensi optimasi seo, agar Anda tahu apakah teknik tersebut masih layak untuk dilakukan di blog Anda saat ini atau mungkin teknik tersebut sudah Anda lakukan sebelumnya tanpa Anda sadari. Anda dapat mengunjungi yoast.com, moz.com, searchengineland.com atau situs-situs besar lainnya.

4. Terlalu fanatik dengan satu teknik saja

Misalnya Anda lebih suka cara manual dari pada cara otomatis untuk optimasi seo. Tanpa membaca penjelasan terlebih dahulu maka Anda memberikan sebuah kesimpulan prematur. Ini fatal, kenapa? Anda menutup diri dengan teknik-teknik baru. Misalnya plugin, Anda menyimpulkan tidak perlu plugin untuk optimasi seo sebuah situs. Karena menurut Anda itu hanya membuang waktu saja dan membuat Anda malas.

Hello!! Kita ini pemula, jangan membuang waktu Anda untuk melakukan semuanya secara manual apabila itu dapat dilakukan dengan bantuan plugin. Yang wajib Anda pahami adalah cara kerja plugin tersebut, apakah akan meringankan kerja Anda atau malah memperburuk situasi yang ada.

Ketika Anda terlalu fanatik dengan satu hal dan tidak berusaha membuka diri dengan cara lain maka suatu saat Anda akan duduk di sudut ruangan dengan meja penuh tugas sembari melihat orang lain tidur nyenyak karena tugasnya sudah didelegasikan ke plugin yang ada.

5. Jangan takut melakukan hal-hal baru

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Kata-kata mutiara itu akan tetap abadi sepanjang masa. Jangan mengikat pikiran Anda dengan ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan. Setiap kegagalan itu adalah ilmu yang berharga. Anda harus melakukan serangkaian eksperimen optimasi seo untuk menemukan formula terbaik dan cocok dengan chemistry Anda.

Tapi ingat satu hal!! Belajarlah dari pengalaman orang lain sebelum Anda melakukan eksperimen optimasi seo. Lakukan percobaan tersebut di mesin tester apabila mesin produksi adalah periuk nasi Anda. Sehingga setiap kerugian dapat Anda hindari dari percobaan-percobaan yang telah dilakukan.

6. Jangan percaya yang Anda baca ini!!

Nah lo..kok bisa?? Tulisan saya diatas itu adalah pengalaman saya dengan gaya saya. Tentu Anda punya pengalaman dan gaya sendiri. Buktikan terlebih dahulu sebelum Anda mengamininya. Rajin bergabung di forum-forum optimasi seo akan memperkaya pengalaman Anda, salah satunya ini forum ramah seo.

Ini bukan pekerjaan satu hari, hanya dengan membalikkan tangan bukan berarti semua mimpi menjadi kenyataan. Ada perlakuan-perlakuan yang pantas dan harus Anda lakukan untuk situs Anda tercinta dan saya berharap Anda mendapat sedikit pencerahan dari alunan kalimat-kalimat di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here