Ko Gitu Sih? Pede Aja Lagi

Mungkin judul yang sedikit aneh. Tapi bener loh, saya seringkali ditegur sama teman atau orang lain, ‘Kok, kamu berani ya?’ ‘Kok, kaya gitu sih?’ atau pertanyaan-pertanyaan semacam itulah.

Nah, biasanya aku jawab, – pinjam kata-katanya ABG – PeDe aja lagi!

Ya, PD alias percaya diri, menurut saya adalah modal utama yang harus dimiliki oleh semua orang yang ingin maju dan tampil ke permukaan. Tanpa kepercayaan diri yang cukup, seseorang tidak akan kemana-mana, tidak akan menjadi apa-apa.

Percaya diri, sangat berkaitan erat dengan keyakinan. Percaya diri tidak akan muncul tanpa sebuah keyakinan. Keyakinan bahwa kita bisa, keyakinan bahwa kita capable menangani sesuatu hal, terlebih keyakinan bahwa kita bisa mencapai apa yang kita harapkan.

Nah, sayangnya banyak orang yang terlalu underestimate, menilai diri sendiri terlalu rendah, merasa diri tidak mampu melakukan hal-hal luar biasa yang bisa dilakukan oleh orang lain. Sehingga banyak keinginannya yang terpendam, tanpa ada keberanian untuk berusaha mewujudkannya.

Kenapa? Karena tidak PD alias tidak percaya diri. Kenapa? Karena kurangnya keyakinan yang cukup dalam dirinya.

Pertanyaannya: Bisakah kita mencapai sesuatu yang besar tanpa keyakinan bahwa kita mampu dan layak mendapatkannya? Pasti anda semua setuju, jawabnya adalah tidak!

Orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, seperti magnet. Menarik orang-orang sekelilingnya untuk mendekat. Bukan saja karena mereka merasa tertarik terhadap orang seperti itu, terlebih karena mereka sebenarnya ingin menjadi seperti itu, dan ingin dinilai oleh orang lain sebagai orang yang percaya diri juga.

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi, dialah yang tampil di depan, yang akan selalu menjadi pilihan utama dalam berbagai hal.

Saya tanya, seandainya anda harus mendelegasikan suatu tugas kepada orang lain, mana orang yang anda pilih? Orang yang mantap berkata:

“Baik Pak, saya mampu menyelesaikan ini dalam tiga hari, dan saya akan melaporkan perkembangannya setiap pagi dan sore!”

atau orang yang berkata:

“Mudah-mudahan saya bisa Pak, yaaa, saya akan berusaha sebaik-baiknya dan akan memberikan yang terbaik semampu saya.”

Mana kira-kira yang anda pilih?

Di bawah ini beberapa cara sederhana dan praktis yang bisa anda biasakan untuk lebih memupuk rasa percaya diri kita:

1. Tegakkan punggung dan kepala anda ketika berjalan

Percaya atau tidak ini adalah tips sederhana dan paling praktis untuk meningkatkan percaya diri. Cobalah! Anda lihat di kelompok kecil pergaulan anda, pasti ada satu dua orang (atau mungkin anda sendiri) yang menonjol rasa percaya dirinya dibanding yang lain?

Biasanya dia berjalan lebih cepat dibanding yang lain, dan selalu tampil di depan ketika ramai-ramai berjalan di tempat umum. Dan orang yang kurang percaya diri, biasanya lebih lambat dan cenderung terus berusaha menundukkan kepala dan badan ketika berjalan, dan berusaha selalu berada di tengah atau di belakang.

2. Pandang mata lawan bicara ketika ngobrol

Ini juga luar biasa pengaruhnya, makin anda biasakan hal ini, lambat laun, rasakan, rasa percaya diri anda akan meningkat secara perlahan namun pasti. Di samping itu ada manfaat lainnya, anda akan lebih dihargai dan disegani lawan bicara anda.

3. Tingkatkan keahlian, keterampilan dan pengetahuan

Caranya? Ya terus belajar dan belajar. Jangan pernah bosan untuk belajar. Dengan bertambahnya keterampilan dan keahlian anda di bidang tertentu, secara otomatis akan mengangkat rasa percaya diri anda. Jangan lupa, tambah juga wawasan anda secara umun, update informasi terkini, sehingga ketika berkumpul dan membicarakan sesuatu hal, anda tidak tinggal diam sebagai pendengar.

4. Ingat kesuksesan anda di masa lalu

Ini juga bagus untuk memupuk rasa percaya diri. Ingatlah, ketika di masa dulu anda pernah membuat prestasi yang membanggakan. Apa saja, entah itu prestasi di sekolah, pernah menjuarai lomba olah raga, atau apapun itu, yang pernah membuat anda sendiri merasa bangga dan puas.

Hidupkan kembali saat-saat itu, ingat bagaimana guru anda menepuk pundak anda sebagai tanda bangga. Dan anda bisa tersenyum penuh kebanggaan. Hidupkan kembali, rasakan bahwa anda layak mendapatkan penghargaan yang tinggi.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar rasa percaya diri tetap menyala. Karena hanya dengan keyakinan dan penuh percaya diri, kita mampu menghadapi segala tantangan hidup yang tidak akan pernah habis. Semoga bermanfaat.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here