Kode Etik dalam Bisnis

Etika haruslah dijunjung tinggi oleh siapapun termasuk juga oleh seorang pengusaha. Berbisnis menggunakan etika akan membuat perusahaan kita semakin bonafid dan dipercaya oleh masyarakat.

Dengan etika bisnis akan mengurangi tingkat kerugian masyarakat sebagai seorang konsumen dan juga akan menghindarkan praktek bisnis yang menghalalkan segala cara, yang hanya berfokus pada keuntungan semata, yang tentu saja akan menciptakan sebuah atmosfer bisnis yang kurang sehat.

Adapun menurut Robert Anderson dalam bukunya Enterpreneurship mengatakan, bahwa kode etik dari seorang wirausahawan dapat mengandung beberapa tujuan, antara lain:

1. Praktik yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan perusahaan kehilangan konsumen.

2. Menjelaskan kebijakan perusahaan dalam hal ketidaktentuan masalah-masalah etika.

3. Membantu para pekerja untuk menyelesaikan masalah-masalah etika dalam kepentingan-kepentingan perusahaan.

4. Menjaga agar para manajer tidak melakukan perbuatan yang tidak adil kepada para pekerja.

5. Menginformasikan kepada para pekerja tentang tindakan disiplin apa yang akan mereka terima jika mereka melanggar tindakan tersebut.

6. Menginformasikan kepada para konsumen dan pemasok tentang apa yang diterima oleh perusahaan sebagai tindakan etika bisnis.

7. Memberikan saran atau nasehat kepada para pesaing bahwa perusahaan tersebut tidak akan melakukan aktivitas-aktivitas persaingan yang tidak mempunyai etika.

Dengan dijalankannya etika dalam berbisnis maka akan menguntungkan semua pihak. Baik karyawan, manajer, maupun pihak konsumen bahkan rival bisnis. Etika bisnis diciptakan agar keadilan dan persaingan yang sehat bisa terjadi. Sehingga dalam menjalankan bisnis semua akan merasa aman dan nyaman.