Konfigurasi Dasar Aplikasi Blogger

Setting dan konfigurasi dasar yang harus Anda periksa dalam menggunakan Blogger.

Anda memutuskan untuk menggunakan blogger sebagai platform blog. Atau Anda memang sudah membuat blog baru di Blogger. Nah, berikut adalah beberapa pengaturan yang wajib Anda lakukan untuk mempersiapkan blog baru Anda mencapai puncak kepopuleran.

Atur privasi blog

Dari dasbor Blogger, klik Setelan >> Dasar, dan pastikan pada bagian Privasi, Anda memilih: “Ya” pada “Tambahkan blog Anda ke cantuman kami?” dan “Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda?” dan klim Simpan.

Pengaturan komentar

Pada Setelan >> Pos dan Komentar, pastikan Anda tidak menyembunyikan komentar. Ini penting untuk membentuk komunitas blog. Anda juga bisa menambahkan tambahan pesan di bagian komentar blog, biasanya berisi aturan bagi pembaca yang ingin mengirimkan komentar.

Ada baiknya Anda mengaktifkan moderasi komentar, ini membantu Anda mengurangi komentar spam. Jangan lupa masukkan email kemana pemberitahuan komentar masuk akan dikirimkan.

Tambahkan RSS Feed blog

Buatlah Umpan RSS, seperti FeedBurner atau menggunakan layanan lainnya seperti FeedBlitz, lalu ke Setelan >> Lainnya, dan pada bagian Umpan situs, dan masukkan alamat URL umpan ke kolom “Posting URL Pengubahan Arah Feed”.

Menggunakan domain sendiri

Tentu Anda mesti sudah membeli domain sebelum melakukan pengaturan ini. Kembali ke Setelan >> Dasar, pada bagian Penerbitan, “Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda”. Ikuti petunjuk setting domain selanjutnya.

Meskipun Anda bisa menggunakan sub-domain blogspot.com sebagai alamat blog, namun sangat disarankan agar Anda memiliki domain sendiri. Ini sangat berguna jika suatu saat kelak Anda berniat berpindah ke aplikasi blogging lainnya, karena domain yang Anda gunakan sepenuh milik Anda sendiri.

Manfaatkan share ke media sosial

Pastikan tersedia cara paling mudah bagi pengunjung untuk membagikan konten blog Anda ke media sosial, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Google+ dan lainnya. Salah satunya Anda bisa menggunakan AddThis, yang menyediakan cara mudah untuk menambahkan tombol share dan widget media sosial.

Ijinkan semua orang membaca blog Anda?

Ya, pastikan pada Setelan >> Dasar, bagian Izin, Anda memilih setelan “Umum”, agar semua orang bisa membaca blog Anda.

Pengaturan waktu

Sepertinya pengaturan waktu ini tidak terlalu penting bagi sebuah blog, padahal sebenarnya ini adalah sesuatu yang penting. Bukan hanya terkait tanggal publikasi saat Anda membuat artikel, namun juga menunjukkan waktu pada kolom komentar. Ini juga berkaitan dengan statistik blog yang lebih akurat sesuai zona waktu dimana Anda berada.

Nah, itulah beberapa pengaturan wajib yang perlu Anda periksa untuk memastikan telah dikonfigurasi dengan benar. Jika Anda belum melakukannya, maka tidak ada kata terlambat untuk segera merubahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here