Kucing Hewan Peliharaan Unik Pengganti Anjing

Untuk kalangan non-muslim, memelihara anjing bukanlah sebuah persoalan, tapi tidak bagi seorang muslim. Memelihara anjing memiliki banyak sekali batasan, terutama karena najis yang terdapat pada anjing tergolong sebagai najis yang besar.

Bagi anda yang suka memelihara binatang dan ingin memiliki hewan peliharaan, maka kucing bisa menjadi alternatif terbaik. Karena kucing juga tidak kalah jauh dengan anjing. Kucing bisa dilatih dan bisa menjadi hewan yang sangat penurut kepada tuannya.

Berikut ini adalah fakta unik yang bisa dilakukan oleh kucing:

1. Kucing tidak membuang kotorannya di sembarang tempat

Kucing adalah hewan yang unik ketika membuang kotorannya. Kucing memiliki kebiasaan menggali lubang sebelum membuang kotoran dan menutupnya kembali, saat ia menemukan media tanah ataupun pasir.

Dari kebiasaan ini kita diuntungkan, karena kucing tidak akan membuang kotorannya di sembarang tempat sehingga tidak akan mengotori rumah. Jika kita mau menyediakan petak pasir khusus, maka kucing secara otomatis mengerti dan akan selalu menggunakannya untuk membuang kotorannya di sana.

2. Kucing dapat menghilangkan stres

Jika anda memiliki peliharaan kucing pasti sudah tahu, jika kucing suka menunggu majikannya pulang. Bahkan terkadang kucing bersifat manja terhadap majikannya. Tentunya bagi para penyuka binatang akan sangat menyukai kegiatan ini. Ketika kita pulang dan lelah setelah bekerja, kemudian hewan peliharaan kita bertingkah lucu, akan sedikit menghilangkan stress dari pekerjaan yang menumpuk di kantor.

3. Kucing sebagai pengusir tikus yang ulung

Kucing memang menjadi musuh utama tikus, seperti digambarkan dalam film kartun Tom and Jerry, maka seperti itulah tingkah laku kucing dan tikus yang tidak akan pernah akur.

Jika anda mengalami gangguan hama tikus di rumah, memelihara kucing adalah pilihan yang tepat. Karena dengan memelihara kucing, tikus tidak akan masuk ke rumah karena ia adalah predator utama yang sangat ditakuti oleh tikus.

4. Kucing bisa dilatih seperti halnya anjing

Kucing adalah hewan cerdas yang tidak kalah cerdas dari anjing. Bahkan ketika anda mau mengajarinya dengan hal-hal lucu maka dia pun bisa mengikutinya. Misalkan anda mengajarinya berjalan dengan dua kaki, meskipun hanya bisa dilakukan beberapa saat, tapi si kucing bisa melakukannya. Hal ini pernah saya coba latihkan kepada kucing peliharaan saya.

Kucing juga bisa jadi hiburan yang sangat menarik. Anda bisa memberi nama pada kucing tersebut dan memanggilnya dengan nama tersebut. Jika sudah terbiasa maka dia akan datang ketika anda memanggil namanya.

5. Kucing termasuk hewan yang aman untuk dipelihara

Kucing menjadi salah satu hewan yang paling aman untuk dipelihara, karena kucing sedikit sekali membawa bibit penyakit di tubuhnya. Belum lagi kebiasaan kucing yang takut dengan air, padahal air adalah faktor yang bisa membiakkan bakteri dalam tubuh hewan. Ini membuat kucing sangat minimal sebagai penyebaran bibit penyakit.

6. Biaya perawatan murah

Kucing adalah hewan yang sangat mudah untuk dipelihara. Kucing tidak memerlukan perawatan khusus apapun. Kucing hanya perlu diberi makan yang cukup, diberikan ruang yang bersih, berikan asupan gizi dan vitamin yang cukup, serta perawatan yang bisa anda lakukan beberapa minggu sekali, seperti membersihkan badannya dan lainnya.

Nah, itulah adalah beberapa kelebihan yang dimiliki kucing yang bisa anda jadikan pertimbangan memilih kucing sebagai hewan peliharaan.