Kunci Meningkatkan Produktivitas Individual

Pada dasarnya semua orang ingin hijrah dari posisi dimana dia berada sekarang. Hijrah dalam hal ini adalah meningkatkan produktivitas individual. Yah, sudah dipastikan bahwa tidak ada seorang pun yang ingin stagnan pada satu posisi. Oleh karena orang berlomba untuk mencoba dan mempelajari sesuatu yang baru.

Lalu apa kunci untuk meningkatkan produktivitas dalam diri? Pertanyaan ini mungkin pernah, sedang atau bisa jadi akan kita tanyakan pada diri sendiri. Konsep ini akan menjadi menarik karena akan berhubungan dengan masa depan, akan menjadi jawaban dari pertanyaan ‘akan jadi apa aku nantinya?’

Meningkatkan produktivitas dengan percaya diri

Kunci meningkatkan produktivitas secara individual yang pertama adalah rasa percaya diri. Manusia bisa kehilangan banyak hal dalam dirinya tetapi masih bisa berkarya tetapi ketika telah kehilangan rasa percaya diri maka tak ada satu pun yang mampu diperbuat. Oleh karena itu kami menempatkan percaya diri dibagian pertama dari kunci meningkatkan produktivitas.

Selalu mau belajar

Belajar menjadi bagian kedua dari cara meningkatkan percaya diri. Belajar sendiri kami bagi menjadi tiga bagian yaitu belajar dari pengalaman sendiri, belajar dari pengalaman orang lain, dan belajar untuk mengetahui hal-hal baru.

Belajar dari pengalaman sendiri adalah konsep tidak ingin terjatuh dua kali pada lubang yang sama. Konsep ini mengajarkan kerja keras dan pantang menyerah. Yakin bahwa puncak kesuksesan hanya bisa diraih dengan terus belajar dan merubah kesalahan menjadi jalan menuju kesuksesan, karena sesungguhnya tidak ada yang tidak mungkin ketika mau terus mencoba.

Untuk tahu sakitnya terjatuh kita tidak mesti merasakan sendiri, cukup melihat orang lain berteriak mengaduh. Dari pengalaman orang lain kita bisa menentukan bahwa jalan tersebut tidak bisa seharusnya ditempuh dan segera mencari jalan lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa roda zaman terus berputar dan kecanggihan teknologi mewarnai perjalanan hidup. Banyak hal baru yang ditawarkan dan ketika hal tersebut tidak dipelajari maka cepat atau lambat akan tergilas oleh zaman. Untuk bisa survive dan terus menghasilkan karya yang bisa diterima masyarakat luas maka jalan satu-satunya adalah mengikuti arus perubahan dengan mempelajari hal-hal baru yang muncul.

Fokus pada tujuan

Ketika memulai sesuatu maka hanya satu alasan untuk berhenti yaitu sampai pada target pencapaian yang telah ditentukan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa sudah menjadi karakter manusia pada umumnya bahwa ketika satu tujuan telah tercapai maka akan muncul tujuan baru yang ingin dicapai bahkan sebelum tujuan awal belum tercapai sekalipun.

Ketika tujuan awal belum tercapai lalu muncul lagi tujuan baru dan tujuan berikutnya maka pada saat itulah produktivitas akan mulai menurun. Untuk meningkatkan produktivitas maka fokus pada tujuan awal adalah kuncinya.

Sebagai kesimpulan kunci untuk meningkatkan produktivitas adalah bangun sebuah tujuan dengan rasa percaya diri, teruslah belajar dan fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. Ketika hal ini diterapkan dalam kehidupan praktis baik itu dalam dunia pendidikan, bisnis, dan lainnya maka yakin lah bahwa hal terakhir yang bisa menggagalkan hanyalah kurangnya doa. Jadi berdoalah ketika merasa kerja keras sudah maksimal karena doa lah kunci dari semua yang telah kami sebutkan di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here