Letak Posisi Dompet Paling Tidak Aman yang Harus Dihindari

Dompet adalah benda penting yang harus kita jaga dengan baik. Selain berisi uang, dompet juga berisi kartu identitas yang sangat berharga, mulai dari KTP, SIM, kartu ATM dan beberapa identitas lainnya.

Namun sampai sekarang masih saja banyak orang yang kehilangan dompet alias kecopetan, apalagi ketika bepergian atau berada di tempat-tempat wisata yang ramai.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa tempat yang harus dihindari ketika meletakkan dompet, agar terhindar dari pencopetan atau terjatuh tidak sengaja.

1. Saku celana belakang

Biasanya laki-laki yang selalu meletakkan dompetnya di saku celana belakang, padahal ini adalah tempat yang paling rawan.

Atau paling tidak harus ekstra hati-hati, karena ada modus pencurian baru: pencuri berusaha menyobek saku celana dengan silet, lalu mengambil dompet Anda. Dengan cara ini, memudahkan dompet Anda berpindah tangan tanpa Anda sadari.

Oleh karena itu sebaiknya anda letakkan dompet anda di saku depan, terutama saat berada pada lokasi-lokasi yang rawan pencopetan atau Anda merasa tidak aman. Memang, meski sudah ditaruh di saku depan, peluang kecopetan bisa saja terjadi, seperti misalnya ketika menyaksikan sebuah konser. Situasi yang begitu ramai dan berdesak-desakan, seringkali dimanfaatkan pencopet melakukan aksinya. Kembali, yang utama adalah tetap waspada.

2. Meletakkan dompet di tas punggung

Jika anda memilih kendaraan umum seperti bus antar kota ataupun ketika anda berada pada tempat yang ramai, seperti terminal atau Anda berjalan di jalanan yang sibuk, sebaiknya anda tidak meletakkan dompet di tas belakang. Karena hal ini sangat berbahaya dan mudah sekali dijambret dari belakang.

Ketika sahabat saya berkunjung ke Jogjakarta dan memilih angkutan umum sebagai pilihannya. Dia mendapati tas belakangnya telah berlubang, terobek dengan benda tajam. Dari hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa model pencurian saat ini bukan hanya mengambil dengan tangan kosong akan tetapi juga merobek tas untuk mengambil isi tas korban.

3. Jangan letakkan uang anda pada satu tempat

Meski kita telah melakukan tindakan preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, namun yang namanya manusia, terkadang bisa saja lalai dan pada akhirnya kita kehilangan dompet meski telah sewaspada mungkin.

Oleh karena itu sebaiknya anda tidak meletakkan semua uang anda di satu tempat atau di dalam dompet. Sehingga bila hal terburuk terjadi, dan Anda harus kehilangan dompet, Anda masih memiliki uang cadangan untuk melanjutkan perjalanan atau berbagai keperluan lainnya. Bayangkan jika gara-gara dompet Anda hilang, membuat Anda sama sekali tidak memegang uang sepeser pun! Tentu akan lebih menyedihkan, bukan?

Ada beberapa alternatif menyimpan uang, seperti ada beberapa jenis sabuk yang memiliki ruang penyimpanan uang. Itu sangat baik, karena ini sangat jarang diketahui orang dan lebih aman.