Literata, Font Resmi Terbaru untuk Google Play Book

Contoh Penggunaan Font Literata

Literata (Google Play Book Default Font)

Google telah mengumumkan perubahan font terbaru di app play book dengan nama Literata. Font baru ini akan digunakan sebagai font default dalam Google Play Book menggantikan font lama droid serif dalam upaya untuk membawa pengalaman membaca yang lebih baik untuk semua perangkat.

Informasi tentang font baru ini memang agak terbatas, tidak bisa ditemukan pada sumber resmi google selain dari twitter resmi google play. Saya juga melakukan pengecekan pada situs resmi google font namun belum ditemukan bentuk font ini. Google hanya memberikan berita singkat dari tweet resminya:

“Introducing Google Play Books’ new font, Literata. Perfect for long reads on all devices”

Kilas Balik Font Literata

Tim desain TypeTogether mulai bekerja menciptakan font Literata pada April 2014 untuk aplikasi Google Play book. Dengan penjelasan singkat oleh google, permintaan jenis font bertujuan menyediakan pengalaman membaca yang lebih baik pada berbagai macam perangkat dan dengan jenis layar resolusi tinggi yang berbeda-beda. Selain itu, jenis font baru ini dimaksudkan untuk membangun identitas visual yang mudah dikenali oleh pembaca untuk e-book asli Google App dan dapat membedakan diri dari pesaing eReader lain. Pelaksanaan projek ini memang dirasakan sangat sulit pada awalnya.

Banyak jenis font yang sudah ada memiliki nuansa yang seragam dan hampir mekanis. Ini sangat baik untuk tujuan rendering tetapi tidak membantu memudahan pembaca ketika membaca sebuah e-book dalam jangka waktu yang lama. Dengan kata lain, mereka bukanlah font yang dimaksudkan untuk desain sebuah e-book.

TypeTogether’s rekan tim di Google, dipimpin oleh desainer UX senior Addy Lee Beavers, setuju bahwa huruf yang diciptakan harus memiliki tekstur yang lebih menarik dan bervariasi dari font lain yang digunakan dalam eBooks atau yang umumnya dikembangkan untuk on-screen.

Hal tersebut akan dapat dicapai apabila sebuah huruf memilik bentuk karakter horizontal yang proporsional dan tidak seperti huruf surat yang kaku. Berdasarkan panduan tersebut, TypeTogether mengambil inspirasi dari bentuk font Scotch dan jenis Romawi gaya lama.

Bentuk Font Literata Latin Italic

Akhirnya terciptalah sebuah font dengan tekstur organik yang menyenangkan dan membantu untuk memberikan hasil yang sangat baik untuk kemudahan dan kenyamanan pembacaan.

Implementasi Literata Font di Google Play Book

Perubahan pada google play dengan font baru Literata belum terlihat sampai dengan hari ini, apakah perubahan tersebut adalah sebuah update menyeluruh pada sisi server atau kita akan melihat versi baru dari Google Play dengan adanya default font literata? Kita tunggu saja kabar resmi selanjutnya dari google. Bagi anda yang ingin melihat contoh penggunaan font ini di e-book dapat langsung menuju flicker resmi typetogether.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here