10 Makanan yang Baik bagi Kesehatan Jantung

Menerapkan diet yang sehat dengan jumlah asupan kalori yang tepat, adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Secara umum, untuk menjaga kesehatan jantung, kita selalu disarankan untuk melakukan diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, daging unggas, ikan dan kacang-kacangan.

Itu merupakan saran yang bagus. Karena kali kami sajikan daftar makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Apel Merah

Apel mengandung fitokimia yang dinamakan kuersetin yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi alami dan membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Apel juga mengandung vitamin dan serat.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, sama seperti minyak zaitun ditambah beberapa vitamin dan fitokimia yang bertindak sebagai anti-oksidan untuk melindungi jantung (juga bagian tubuh Anda lainnya).

3. Sayuran hijau

Sayur-mayur berwarna hijau kaya akan vitamin, mineral dan serat, juga rendah kalori. Konsumsi sayuran hijau juga dianggap bisa mempertahankan daya ingat seiring pertambahan usia. Karena itu perbanyak komsumsi sayuran hijau, di antaranya, bayam, brokoli dan sebagainya.

4. Gandum

Gandum mengandung serat larut yang disebut beta glukan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Serat larut juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi sereal gandum sebagai sarapan, sangat baik untuk kesehatan jantung, tapi pilihlah produk yang tidak mengandung terlalu banyak gula tambahan.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL, dan ia merupakan bagian penting dari diet orang-orang Mediterania.

6. Salmon

Daging iklan salmon adalah sumber yang baik bagi asam lemak omega-3 yang melindungi jantung dengan menurunkan inflamasi serta mencegah penggumpalan darah. Asam lemak ini juga berfungsi menjaga kadar kolesterol yang sehat.

7. Kedelai dan makanan berbahan kedelai

Protein kedelai dapat mencegah serangan jantung, terutama bila kedelai digunakan sebagai pengganti daging merah. Mengonsumsi kedelai sebagai pengganti daging, juga menurunkan lemak jenuh dan meningkatkan kadar asam lemak omega-3 dalam tubuh. Tahu dan tempe adalah produk olahan kedelai yang paling mudah didapatkan. Konsumsi susu kedelai satu gelas sehari juga sangat baik bagi kesehatan jantung.

9. Tomat dan produk olahan tomat

Tomat banyak mengandung vitamin, dan produk olahan berbahan dasar tomat mengandung kadar likopen tinggi. Likopen sendiri bisa membantu menjaga kesehatan jantung, terutama jika diet makanan Anda tidak memberi seluruh zat anti-oksidan yang diperlukan.

10. Biji-bijian

Bijian-bijian, seperi gandum, mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Nah, itu lah 10 makanan yang sangat baik untuk selalu menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan diet sehat dan seimbang, kesehatan tubuh secara keseluruhan akan selalu terjaga.