Manfaat Liburan Keluarga untuk Anak

Liburan keluarga sebenarnya sesuatu hal yang paling dinantikan oleh anak. Kesibukan orang tua mencari nafkah menyebabkan waktu bersama anak terkadang sangat kurang. Apalagi kalau kedua orang tua bekerja dalam waktu normal.

Liburan keluarga bisa jadi merupakan waktu paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Pada saat liburan keluarga waktu sepenuhnya akan diberikan untuk membahagiakan keluarga khususnya anak. Saat itulah anak akan mendapatkan kasih sayang penuh dari orang tua.

Liburan keluarga tidak boleh diabaikan oleh orang tua karena mempunyai banyak manfaat untuk anak. Beberapa manfaat liburan keluarga untuk anak adalah sebagai berikut.

Menghilangkan stres

Stres bukan hanya dirasakan oleh orang dewasa (orang tua) yang sibuk bekerja. Stres juga sangat mungkin menyerang anak-anak anda. Kesendirian menjalani hari di rumah, aktivitas di sekolah, pergaulan dalam komunitas juga bisa menjadi pemicu stres untuk anak. Liburan keluarga menjadi solusi untuk menghilangkan stres pada anak.

Liburan keluarga akan menumpahkan segala perasaannya dengan berlarian, berteriak sebebas mungkin atau sekedar menikmati pemandangan yang tersedia. Anak bisa menghilangkan semua beban pikirannya. Anak akan merasakan sensasi berbeda saat berkumpul dengan keluarga di tempat dan suasana baru.

Merangsang kreatifitas

Selain menghilangkan stres liburan keluarga juga akan membuka keran kreatifitas pada anak. Kreatifitas muncul dari apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan. Oleh karena itu liburan keluarga bisa menjadi alternatif untuk merangsang kreatifitas pada anak.

Kreatifitas pada anak tidak hanya bisa ditingkatkan dengan belajar pada pendidikan formal atau non formal. Melalui liburan keluarga anak akan melihat kehidupan secara langsung. Merasakan keindahan, menikmati rasa nyaman, dan hal lain yang membuat otaknya segar kembali.

Menciptakan momen indah

Liburan keluarga bisa jadi sebuah momen langka dalam keluarga. Mungkin ada yang satu kali satu minggu, satu kali satu bulan atau bahkan satu kali dalam enam bulan atau satu tahun. Kesempatan seperti itu akan selalu ditunggu oleh anak karena merupakan sebuah kisah yang akan menarik.

Tahukah anda bahwa anak akan dengan bangga menceritakan liburan yang telah dijalaninya kepada temannya. Liburan keluarga itu adalah momen indah yang akan terekam dengan baik dalam memori anak. Itulah mungkin menjadi penyebab kenapa setiap momen liburan tidak pernah lengkap tanpa keberadaan kamera.

Liburan keluarga membuat anak merasa diperhatikan

Bagi orang tua yang sibuk bekerja secara tidak langsung akan membuat anaknya kurang perhatian. Mungkin anak tidak berani menyampaikan langsung tetapi akan nampak dari tingkah laku pergaulan nya. Untuk mengobati rasa haus akan perhatian pada anak maka liburan keluarga menjadi pilihan paling tepat.

Satu hal yang paling penting disadari orang tua bahwa proses mendidik anak intinya adalah perhatian. Ketika anak sudah jauh dari perhatian orang tua maka akan banyak penyakit yang bisa menyerang, bisa berupa penyakit fisik yang disembuhkan dengan obat atau melalui jasa dokter sampai penyakit psikis yang harus disembuhkan dengan penanganan  secara psikologis.

Liburan keluarga mempunyai banyak manfaat bagi anak. Untuk itu sebaiknya menyempatkan waktu untuk mengajak anak liburan secara berkala. Liburan keluarga tidak harus jauh dan mahal tetapi intinya membuat anak menjadi dekat dengan keluarga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here