Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Biasanya pada hari-hari pertama puasa Ramadhan, jarang sekali yang batal puasanya, tapi pada pertengahan dan akhir puasa banyak juga orang yang batal puasanya.

Padahal selain hukumnya wajib bagi orang yang beriman, puasa juga punya banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya:

1. Puasa mendukung program diet

Buat Anda yang sering menerapkan program diet tapi selalu gagal, bulan puasa bisa dijadikan waktu yang paling tepat dalam menjalankan program diet Anda. Saat berpuasa tubuh kita akan membakar lemak sebagai sumber energi. Pembakaran lemak inilah yang akan membantu penurunan berat badan, sehingga program diet kamu akan berhasil.

2. Mengoptimalkan proses detoksifikasi

Berpuasa dapat mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh atau disebut dengan detoksifikasi. Puasa juga membantu memaksimalkan kerja organ-organ tubuh untuk melakukan detoks seperti hati, usus besar, dan ginjal. Namun, untuk lebih mengoptimalkan proses detoksifikasi saat puasa, konsumsilah makanan sehat saat sahur dan berbuka.

3. Mencegah penyakit

Penyakit biasa disebabkan oleh makanan yang kita makan dan juga beban pikiran. Saat berpuasa kita dilatih untuk menahan amarah, juga tekanan-tekanan mental lainnya, ini membuat kondisi psikis menjadi lebih tenang. Dan pada akhirnya dapat mengurangi risiko penyakit seperti darah tinggi, stress, jantungan, stroke dan penyakit lainnya.

4. Membantu mengatasi masalah kecanduan

Dengan menahan diri tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam, puasa bisa membantu mengatasi masalah kecanduan seperti merokok, minum kopi, dan alkohol. Dengan terbiasa tidak mengkonsumsinya di siang hari selam 1 bulan, maka ketika selesai puasa akan lebih mudah mengurangi atau mengatasi ketergantungan tersebut.

5. Sistem pencernaan yang lebih baik

Saat puasa jumlah makanan yang perlu dicerna oleh tubuh lebih sedikit dari biasanya sehingga proses pemecahan makanan menjadi lebih stabil dan pelepasan energi akan mengikuti pola yang seharusnya. Oleh karena itu, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk meningkatkan fungsinya menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berpuasa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena saat berpuasa terjadi peningkatan limfosit hingga 10 kali lipat dari biasanya. Inilah yang akan memperkuat sistem imun tubuh sehingga kita tidak mudah terserang virus dari luar.

Itulah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Namun terlepas dari semua manfaat (hikmah)-nya, yang pasti, ibadah puasa Ramadhan adalah perintah dari Allah SWT, yang wajib dilaksanakan oleh orang mengaku beriman. Selamat berpuasa!