Manfaat Sarapan Anak Usia Sekolah

Sarapan anak menjadi tanggung jawab orang tua. Mulai dari menyiapkan sampai mengingatkan anak untuk selalu sarapan. Mulai membiasakan sarapan sejak kecil kepada anak akan memberikan manfaat besar buat pertumbuhan dan perkembangannya.

Sarapan anak seharusnya menjadi prioritas utama orang tua setiap pagi. Anak yang mulai sekolah tentu akan menjalani banyak aktivitas yang berbeda dan lebih berat ketimbang sebelum sekolah. Oleh karena itu sarapan menjadi sangat penting untuk selalu dipersiapkan.

Manfaat sarapan anak sangat beragam bukan hanya terkait pada pertumbuhan (ukuran bentuk tubuh) tetapi juga perkembangan (kemampuan berpikir dan kesiapan mental). Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang manfaat sarapan anak yang perlu diketahui oleh orang tua.

1Pertumbuhan Organ Tubuh

Sarapan anak merupakan proses pembentukan energi baru setelah semalaman tidak mendapatkan energi. Sarapan anak yang teratur akan membantu anak tumbuh dengan baik. Pertumbuhan organ tubuh pada anak membutuhkan asupan nutrisi dan juga kelengkapan gizi yang diperlukan oleh tubuhnya. Asupan nutrisi itu tentu didapatkan pertama kali melalui sarapan.

2Konsentrasi Belajar

Sarapan anak tentu memegang peranan penting dalam menunjang konsentrasi belajar nya di sekolah. Anak yang datang ke sekolah dalam kondisi lapar akan sangat sulit konsentrasi dan tidak fokus belajar. Imbas nya adalah pengetahuannya yang jadi terbelakang di banding siswa lain dan tentu saja akan berpengaruh pada nilai  hasil belajar nya.

3Melatih disiplin

Secara tidak sengaja sarapan anak sebenarnya juga ikut andil dalam proses disiplin. Anak yang terbiasa sarapan di rumah akan selalu bangun lebih awal dibandingkan anak yang tidak pernah sarapan di rumah. Selain itu, untuk keluarga yang sangat sibuk, bisa jadi sarapan pagi menjadi ajang pertemuan keluarga yang bisa dirasakan oleh anak setiap hari.

4Kesehatan anak

Sarapan anak sebenarnya akan lebih terlihat berpengaruh pada kesehatannya. Anak yang terbiasa sarapan setiap hari kemungkinan kecil akan terserang berbagai macam penyakit. Menjaga kesehatan anak sebaiknya dilakukan dengan membiasakan sarapan setiap hari.

5Sarapan anak mencegah jajan sembarangan

Persoalan paling sering terjadi adalah anak lebih memilih sarapan di sekolah (jajan) ketimbang di rumah. Anehnya orang tua terkadang memberikan kebebasan itu, padahal jajan di sekolah belum tentu mengandung gizi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Sarapan anak usia sekolah bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat agar mendapatkan energi, tetapi juga kandungan lain seperti protein, kalsium, vitamin dan zat besi.

Sebenarnya ini hal ini paling penting, sarapan anak sebaiknya dilakukan di rumah. Sarapan anak tidak seharusnya diganti dengan uang jajan agar anak terbiasa memakan makanan yang diketahui kandungan nutrisi nya. Penyebab anak terkena diare salah satunya adalah karena jajan di sembarang tempat yang tidak sehat.

Kami tidak bermaksud menuduh semua penjual makanan atau jajanan yang ada di sekolah-sekolah tidak sehat. Kami hanya memberikan perimbangan informasi kepada orang tua bahwa sebaiknya sarapan itu dilakukan di rumah. Jajanan anak harus bisa di kontrol agar kesehatannya terjaga. Untuk menjadi anak yang cerdas tentu harus sehat dulu. Jadi untuk orang tua yang ingin anaknya cerdas sebaiknya perhatikan menu sarapan dan disiplin sarapan anak anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here