kiat hidup sehat di zaman modern dengan pola hidup sehat
Ilustrasi makanan sehat. Source Image: Shutterstock/Wave

Manfaat Terapi Pola Makanan bagi Tubuh

ERUDISI.com sangatlah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Melalui perilaku sehat akan menjaga kesehatan tubuh kita. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh ini.

Terapi Pola Makanan dengan Menjaga Kesehatan Tubuh

Tentu saja kita harus menerapkan beberapa hal yang bisa membantu mewujudkan tubuh yang sehat. Berikut diantara hal yang wajib kita ketahui dan terapkan:

1. Terapi pola makanan dengan mengurangi asupan makanan siap saji dan sintesis

Makanan siap saji dan sintesis ini bisa kita temukan pada makanan olahan atau yang menggunakan zat pewarna. Maka kita perlu mengontrol diri untuk tidak banyak konsumsi jenis makanan seperti ini.

2. Mengatur Konsumsi Lemak Dengan Baik.

Kita perlu mengatur lemak dengan baik. Karena tidak semua lemak selalu buruk. Ada juga lemak yang berguna bagi tubuh untuk tempat menyimpan energi tubuh dan pembentukan hormon.
Diantara lemak baik adalah alpukat, telur, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan banyak lagi.

Saat memasak kita bisa mengganti minyak sawit dengan minyak zaitun, minyak jagung, minyak kelapa yang memiliki kandungan lemak baik.

3. Meningkatkan Konsumsi Bahan Makanan Kaya Antioksidan

Kita perlu meningkatkan konsumsi bahan makanan kaya antioksidan diantaranya sayuran, buah-buahan, teh, buah zaitun, anggur merah, dan berbagai macam vitamin dan mineral.

4..Meningkatkan Konsumsi Protein

Pola hidup sehat lainnya yang perlu diterapkan adalah meningkatkan konsumsi makanan mengandung protein seperti ikan, kacang-kacangan, jamur, telur, dan kedelai

Protein bermanfaat untuk pembentukan hormon, keseimbangan cairan dalam tubuh, meningkatkan imun dan juga sumber energi yang baik bagi tubuh.

5. Meningkatkan Konsumsi Bahan Makanan Alami, Segar, dan Tidak Mengandung Pestisida

Perlu kita ingat makanan mengandung bahan alami dan segar jauh lebih baik daripada tidak. Dalam istilah kesehatan makanan organik.

Sementara itu bahan yang mengandung pestisida akan membahayakan tubuh kita. Makanan yang mengandung residu pestisida jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan reproduksi, pubertas dini, gangguan pada kehamilan dan janin.

Bahkan residu pestisida jika dalam tingkat ekstrim bisa menyebabkan kematian. Sementara kadar dibawahnya bisa menyebabkan muntah dan sakit perut.

6. Seimbang Dalam Konsumsi Beberapa Makanan

Perlu juga diperhatikan ketika kita makan sate, penting bagi kita untuk makan mentimun setelahnya. Hal ini karena ketika kita makan sate, dimana dalam sate tersebut mengandung karbon dari hasil pembakaran arang. Maka ini bisa menyebabkan kanker. Penawarnya adalah mentimun konsumsi setelah makan sate.

Begitu juga tidak makan udang setelah makan vitamin C, karena ini akan menyebabkan keracunan Arsenik (As) yang merupakan hasil reaksi antara udang dan vitamin C di dalam tubuh. Keracunan Arsenik berakibat fatal dalam hitungan beberapa jam.

Seperti kita ketahui bahwa arsenik sendiri adalah  zat alami yang tersebar luas di dalam kerak bumi, dan bisa ditemukan di air, tanah, dan udara. Sehingga, arsenik sangat mungkin berkontaminasi dengan berbagai jenis makanan, termasuk udang sebagai salah satu makanan laut.

Kesimpulan

Terapi pola makanan akan jauh lebih penting untuk kita terapkan karena sangat bermanfaat bagi tubuh kita secara umum. Pola makan sehat akan meningkatkan daya tahan dan tentu saja akan membuat tubuh bebas dari gangguan kesehatan. Yuk terus perbaiki tubuh kita dengan terapi pola makanan yang lebih sehat, alami dan segar.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.