Manggis Kaya Manfaat

Pohon manggis selalu hijau, dengan ciri  tinggi 6-20 m. Batang tegak, batang pokok jelas, kulit batang coklat, memiliki getahkuning. Daun tunggal, duduk daun berhadapan atau bersilang berhadapan, helaian mengkilatdi permukaan atau hijau gelap , permukaan bawah hijau terang, bentuk elips memanjang.

Khasiat :

Buah digunakan untuk mengobati diare, radang, amandel, keputihan , disentri, wasir, borok, di samping itu digunakan sebagai peluruh dahak, dan untuk sakit gigi. Sedangkan kulit buah digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri perut . Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Dari segi flavor, buah manggis cukup potensial untuk di buat sari buah.

Cara pemakaian :

Untuk mengobati disentri digunakan kulit dari 2 buah kulit manggis,dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 4 gelas air sampai volume tinggal1/2 nya, setelah dingin disaring  lalu diminum dengan madu bila perlu ( 2x sehari 3/4 gelas ).

Untuk mengobati sariawan digunakan kulit dari 2 buah manggis ,dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan tiga gelas sampai volume tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring untuk berkumur dan terus diminum ( 3-6 x sehari 2 sendok makan ).

Dan untuk mengobati mencret digunakan kulit dari 2buah manggis yang masak ,dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring kemudian di minum dengan madu seperlunya ( 2x sehari 3/4 gelas ).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here