Masihkah Anda Merokok?

Masihkah Anda Merokok?

Tepat pada hari ini tanggal 31 Mei 2015 Indonesia memperingati tanpa tembakau sedunia. Gagasan pertama Hari tembakau diprakarsai oleh WHO. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.

Satu Hari Tanpa rokok atau selama 24 jam warga dihimbau untuk tidak merokok. Namun rasanya cukup sulit untuk melakukannya, karena orang yang sudah kecanduan berat rokok tidak akan mudah berhenti begitu saja walaupun hanya satu hari.

Konsep berhenti merokok selama sehari, bagi saya konsep yang salah. Jika ingin membuat peraturan yang benar seharusnya diterapkan selama satu minggu atau bahkan satu bulan tanpa merokok, karena dengan sebuah konsep tersebut orang tidak lagi ingin menyentuh atau bahkan merasakan rokok kembali.

Awal Pertama Kenal Rokok

Sewaktu masih duduk di bangku SMP dahulu kita pasti ingin mencoba sesuatu hal yang baru, salah satunya adalah merokok. Niat awal yang hanya ingin mencoba akhirnya menyebabkan kecanduan yang luar biasa. Saya sendiri termasuk korban dari kecanduan tembakau tersebut dimulai dengan alasan melepas kejenuhan, berkembang ke kebiasaan, dan kemudian sampai pada masa ‘akut’. Dimasa ini mulailah terjadi permainan pikiran, bahwa sehari nggak ngerokok mulut gatel, sesudah makan nggak ngerokok gatel, dst-dst.

Namun seiring berjalannya waktu perlahan kita mulai sadar tentang dampak yang ditimbulkan dari rokok. Perlahan kita mencoba untuk berhenti menyentuh kembali rokok tersebut. Tapi apa daya, kita sudah berusaha mencoba untuk berhenti merokok namun hal yang kita harapkan tidak kunjung datang. Awalnya kita mengira berhenti merokok adalah hal yang mudah, namun setelah kita praktekkan rasanya sulit sekali untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk benar-benar berhenti merokok kita harus memiliki niat yang besar, tanpa harus tergoda oleh orang lain yang ada di dekat kita. Jika kita sudah niat dari awal untuk sebuah tujuan yang pasti percayalah suatu saat pasti akan bisa.

Penerapan Hari Anti Rokok 

Masihkah Anda Merokok?

Kita sudah mengetahui bahwa untuk berhenti merokok tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu harusnya WHO memberikan himbauan yang lebih atau menerapkan hal baru tentang tembakau. Tidak cukup hanya satu hari, harusnya satu minggu, atau bahkan satu bulan, supaya kita bisa benar-benar serius untuk menjauhkan diri dari tembakau.

Salam

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here