Meletakkan Ponsel Cerdas di Saku Berbahaya, Benarkah?

Meletakkan ponsel cerdas di saku itu berbahaya? Kok bisa?

Saat bepergian kita tidak mungkin terus-menerus menggenggam smartphone dan biasanya rata-rata orang akan meletakkannya di saku atau di tas. Lalu di manakah letak bahaya bagi tubuh jika kita meletakkan ponsel di saku?

Beberapa situs yang membahas tentang bahaya ponsel pada tubuh, menyebutkan bawa dalam hal ini, ada perbedaan antara pria dan wanita, karena titik-titik tumpu pada tubuh pria berbeda dengan wanita.

Untuk pria posisi saku yang disarankan untuk meletakkan ponsel adalah pada saku baju. Namun hal ini sekarang agak sulit karena sebagian baju pria saat ini sudah jarang menggunakan saku, kecuali baju kemeja.

Solusinya? Tentu saja mesti menggunakan saku celana. Namun usahakan untuk meletakkan ponsel pada saku celana, posisi ponsel menghadap ke tubuh atau ke dalam, bukan ke luar.

Sedangkan untuk wanita, sangat tidak disarankan menaruh ponsel di saku baju, terlebih jika ponsel menghadap keluar atau bagian belakang ponsel menghadap ke tubuh.

Lalu apa penyebab bahaya meletakkan ponsel cerdas di saku?

Penyebab utamanya adalah terletak pada radiasi frekuensi sinyal yang diterima atau yang dikirim melalui antena ponsel. Sedangkan semua ponsel tentu memiliki antena entah itu antena untuk wifi atau untuk kartu sim, kabarnya jika radiasi tersebut mengenai bagian tubuh terus-menerus dalam jangka waktu cukup lama, akan memicu timbulnya sel kanker.

Sampai saat ini memang belum banyak ditemukan kasus seseorang terkena kanker akibat ponsel cerdas, namun apa salahnya jika kita mencegah itu terjadi, seperti pepatah bilang lebih baik mencegah daripada mengobati.