Membuat Blog sebagai Mesin Pencetak Uang | panduan Part 1

Apakah Anda seorang pengangguran? Apakah Anda belum mempunyai blog / website dan belum bisa membuatnya?  Apakah Anda butuh uang untuk menopang kebutuhan hidup?  Pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah solusi untuk Anda, Namun, cara yang akan saya jelaskan ini bukanlah cara cepat untuk menghasilkan uang, butuh kerja keras diawal dan menikmati hasilnya dikemudian hari secara konsisten. Oleh karena itu, postingan kali ini saya beri judul membuat blog sebagai mesin pencetak uang.

Keberadaan internet pada saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terelakan lagi. Segala sesuatu sekarang sudah dijalankan secara online, dan hal tersebut membuat melambungnya pengguna internet. Jika Anda pintar dalam memanfaatkan keadaan, maka situasi ini memberikan celah yang cukup besar. Apalagi jika Anda seorang pengangguran, maka manfaatkanlah dengan membuat blog / website yang bisa menghasilkan uang di internet.

Sebanarnya membuat blog itu bukanlah perkara yang sulit, namun untuk membangun dan mengembangkan blog tersebut yang bisa dikatakan sedikit sulit. Tetapi jangan khawatir, saya akan menjelaskannya secara terperinci dari cara membuat blog hingga blog yang Anda buat bisa menhasilkan uang, untuk itu simak postingan kali ini sampai akhir.

Untuk seorang pengangguran, mungkin cara ini bisa lebih efektif karena memiliki waktu luang yang cukup banyak untuk membuat blog sebagai mesin pencetak uang di internet. Tetapi bukan berarti seorang pekerja tidak bisa melakukannya. Mungkin terlintas pertanyaan dibenak Anda, kenapa harus dengan blog? Alasan saya memilih blog karena dengan blog / website itu tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan bisa dengan modal dengkul atau gratis.

Selain itu, dengan membuat blog dan mengembangkannya, kita juga akan mendapatkan segudang manfaat. Sedikit berbagi tentang manfaat yang bisa kita dapatkan dari blog, diantaranya:

  • Menjadikan kita sebagai seorang penulis yang hebat
  • Bisa membantu orang lain dengan artikel yang kita buat
  • Membangun kepercayaan khususnya pengguna internet
  • Mengembangkan jaringan dan membentuk personal branding
  • Menghasilkan uang
✔ Populer :  Review Blogger.com

Bahkan bisa memberikan manfaat yang abadi sesuai postingan saya sebelumnya yang saya beri judul dibalik blogging tersirat sebuah keuntungan abadi. Namun pada poin terakhirlah yang banyak diburu oleh kebanyakan blogger, dan poin itu pula yang akan saya singgung pada postingan kali ini.

Baiklah langsung kita mulai dan mengeksekusinya. Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa untuk membuat blog bukanlah perkara yang sulit. Namun jika Anda masih bingung bagaimana dan dari mana untuk memulainya, maka silakan ikuti langkah-langkah yang akan saya urutkan dari awal. Berikut urutan-urutannya:

Membuat Blog sebagai Mesin Pencetak Uang | panduan Part 11. Menentukan Tujuan

Menentukukan tujuan itu sangat penting sebelum Anda membuat blog. Karena dengan tujuan itulah semangat kita timbul dalam membangun dan mengembangkan sebuah blog. Jika kita tidak memiliki tujuan yang jelas ketika membuat blog, maka akan mempersulit blog kita sendiri dan akan membuat arah yang kita tuju menjadi tidak terarah.

Dengan demikian, maka akan menimbulkan hilangnya konsistensi kita dalam mengembangkan blog tersebut, sehingga membuat waktu, tenaga, dan pikiran yang telah kita keluarkan akan terasa sia-sia. Untuk itu, sebelum membuat blog sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan kita membuat blog.

2. Menentukan Topik

Topik, memiliki pengaruh terhadap kelanggengan blog yang akan kita kembangkan. Karena topik adalah hal yang akan kita bahas secara berkelanjutan pada blog tersebut. Jika kita salah dalam memilih topik blog atau memilih topik yang tidak kita sukai, maka lambat laun  akan menimbulkan rasa bosan dalam mengembangkan blog sehingga kejenuhan tersebut akan berujung dengan terbengkalainya blog itu sendiri.

Oleh karena itu tentukanlah topik blog sesuai dengan minat dan hobi kita. Dengan demikian kita akan terhindar dari rasa bosan dalam membangun blog, sehingga blog yang kita kembangkan akan berumur panjang.

3. Pilih Platform

Setelah menetukan tujuan dan topik yang akan dibahas, barulah kita membuat blog. Hal pertama adalah memilih platform, sebab banyak platorm yang bisa diginakan. Namun yang paling umum digunakan adalah WordPress dan Blogspot.

✔ Populer :  Apa yang Dimaksud Iklan Kontekstual?

Dalam hal ini, karena tujuannya adalah membuat blog sebagai mesin pencari uang, maka jika ingin menggunakan WordPress jangan menggunakan yang gratis tetapi gunakan yang berbayar atau WordPress.org sebagai platformnya. Untuk yang gratisan Anda bisa menggunakan Blogger/Blogspot, jika Anda belum tau langkah-langkahnya, maka bisa membaca panduan membuatnya yang dijelaskan Cara Spot tentang cara membuat blog gratis di blogspot. Sampai disini berarti Anda sudah memiliki sebuah blog.

Sekarang saatnya Anda untuk menggeluti dunia blogging. Namun sebagai pedoman untuk memulainya, ada beberapa hal yang perlu anda hindari. Karena hal-hal yang akan saya uraikan ini dapat menimbulkan kerugian pada blog yang sudah buat. Berikut hal yang perlu dihindari:

Membuat Blog sebagai Mesin Pencetak Uang | panduan Part 11. Terlalu Sibuk dengan Tampilan

Tampilan memang selalu menjadi sorotan, karena berhubungan langsung dengan keindahan. Tetapi dalam teknik blogging, tampilan tidak terlalu penting. Sebab penilaian sebuah blog bukan berdasarkan tampilan, namun berdasarkan kontennya.

Jika kita terlalu sibuk dengan tampilan blog, maka otomatis akan memperbanyak widget yang terpasang, sehingga membuat blog akan terasa lambat ketika loading halaman. Jadi buatlah tampilan blog yang sederhana dan pasang widget yang dirasa penting.

2. Mementingkan Kuantitas Dibandingkan Kualitas

Dalam mengisi sebuah blog, sebaiknya diisi dengan konten yang berkualitas. Karena dengan konten yang berkualitas, akan mencerminkan profesionalime dari penulis konten tersebut sehingga akan berujung dengan terciptanya personal branding.

Pada kenyataan yang sering terjadi, seorang blogger pemula hanya berfikir untuk memperbanyak artikel blog mereka (kuantitas), namun tidak memikirkan kualitas dari artikel itu sendiri. Menurut hemat saya, artikel tersebut tidaklah efektif bahkan akan terlihat sia-sia.

Daripada memikirkan kuantitas, lebih baik memikirkan bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas. Walaupun butuh waktu yang lama dalam mengumpulkan koleksi artikel, namun lambat laun akan membuat blog tersebut mendapatkan perhatian khusus dari mesin pencari. Sebab mesin pencari seperti google semakin pintar dalam menilai kualitas sebuah artikel, ibarat pepatah jawa “alon-alon asal kelakon”.

✔ Populer :  Syarat Utama Membangun Blog Sukses

3. Tidak Konsisten

Jika Anda ingin membuat blog sebagai mesin pencetak uang, maka dibutuhkan kesabaran serta kerja keras , tanpa memiliki keduanya maka bisa dipastikan akan berbuah dengan kekecewaan.

Untuk dapat menggapai apa yang ditargetkan dalam membuat blog itu butuh proses yang harus dijalani, karena tanpa menjalani proses yang benar maka target tersebut tidak akan tercapai. Oleh karenanya dalam menjalani proses tersebut dibutuhkan kesabaran serta kerja ekstra agar dapat merealisasikannya. Untuk itu, kita harus konsisten dalam menjalani semua itu.

4. Berambisi untuk Mendapatkan Uang dengan Cepat

Blog memang bisa dijadikan sebagai mesin pencetak uang dari internet, namun seperti yang saya sudah kutip diatas bahwa tips ini bukanlah cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat. Tetapi jika dijalani secara berurutan, maka Anda akan menikmati hasilnya secara berkelanjutan.

Segala sesuatu itu tidak bisa dilakukan secara instan. Meskipun bisa, Namun akan berdampak buruk dikemudian hari. Begitu juga dengan blogging, Jika kita menargetkan untuk dapat menghasilkan uang dalam membuat blog, maka jangan terlalu berambisi untuk mendapatkannya dengan cepat atau secara instan.

Jika terlalu berambisi untuk mendapatkannya, maka akan terlitas untuk membuat jalan pintas. Dan hal itulah yang akan menjebak kita untuk menuju jurang yang sangat dalam dikemudian hari.

Itulah empat poin yang harus diperhatikan seteh kita mempunyai sebuah blog. Langkah selanjutnya adalah mulai mengisi blog tesebut dengan konten-konten yang bermanfaat untuk orang yang membacanya. Terus update blog secara konsisten hingga 1 sampai 2 bulan sampai jumlahnya mencapai puluhan, Apalagi jika mencapai ratusan akan sangat baik.

Untuk kelanjutannya akan saya buat pada panduan part 2. Namun saya mau melihat terlebih dahulu, apakah ada yang memiliki komentar pada panduan membuat blog sebagai mesin pencetak uang part 1 ini.

Wasalam

BAGIKAN
Saya adalah seorang bloger pemula yang selalu ingin belajar dan saling berbagi kepada sesama.

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.