6 Cara Untuk Membuat Sendiri Papan Sablon dari Bahan Triplek Dirumah

Sebenarnya papan sablon bisa kita buat sendiri secara manual. Dengan membuat papan sablon sendiri secara manual, hal tersebut akan menghemat biaya produksi. Papan sablon terdiri dari beberapa jenis dan bentuk yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita saat menyablon.

Misalkan kita akan menyablon lengan kaos maka kita bisa menggunakan papan sablon dengan ukuran yang sangat kecil, disesuaikan dengan ukuran lingkar lengan kaos yang akan kita sablon. Jika kita ingin menyablon bagian dada, maka kita bisa membuat ukuran papan sablon seluas lebar dada.

Papan ini bisa kita sesuaikan dengan ukuran kaos yang akan kita sablon. Misalkan kaos untuk anak-anak, dewasa maupun kaos dengan ukuran ekstra. Dengan membuat sendiri papan sablon bisa kita sesuaikan dengan ukuran kaos masing-masing.

Tentunya hal ini akan memudahkan kita saat menyablon. Karena kaos akan lebih presisi saat kita sablon, apalagi jika ditambahi dengan lem sablon.

Berikut Cara Pembuatan Papan Sablon Sederhana

  1. Belilah triplek di toko material dengan minimal tebal 2 mili. Karena triplek yang terlalu tipis akan membuat kaos yang kita sablon bergelombang.
  2. Ambil salah satu jenis kaos kemudian Ukur lebar dadanya, setelah itu gambar papan triplek menyesuaikan ukuran yang telah Anda buat.
  3. Potonglah triplek mengikuti ukuran yang telah Anda buat, untuk memotong triplek, pakailah gergaji besi agar hasil potongan Anda lebih halus.
  4. Setelah triplek Anda potong amplaslah dengan amplas halus bagian tepi dari triplek. Karena biasanya ada serat-serat yang akan menyulitkan ketika digunakan untuk menyablon, serat juga ini bisa menyebabkan kaos Anda sobek dan berlubang.
  5. Biasanya setelah papan utama kita buat akan ada sisa-sisa papan kecil hasil potongan triplex. Dari sisa papan inilah kita akan membuat papan kecil dengan ukuran lengan tangan kaos yang akan kita sablon. Sehingga tidak ada limbah yang terbuang dari triplek yang telah kita beli.
  6. Setelah triplek kita amplas halus dan telah kita bersihkan. Olesilah dengan lem meja kemudian keringkan, setelah itu papan sablon Anda siap untuk digunakan.