Membuat Skrip PHP “Hello World”

Tutorial PHP kali ini adalah cara membuat skrip PHP atau tulisan Hello Word, dan merupakan dasar pengenalan belajar php sebelum kita belajar lebih jauh seperti

Eri Sulistyo

Tutorial kali ini adalah cara membuat skrip PHP atau tulisan Hello Word, dan merupakan dasar pengenalan belajar php sebelum kita belajar lebih jauh seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, hehe begitu pula dengan php.

Contoh kali ini adalah kita akan membuat halaman php untuk menampilkan tulisan hello word. Langkahnya :

1. Buka text editor kesayangan sobat (Notepad++, dreamweaver, Komodo)

2. Kemudian tuliskan skrip di bawah ini, kalian bisa copy paste, tapi supaya sobat bisa sambil mengingat, ada baiknya untuk menuliskan skripnya satu persatu hehe (hanya saran)

3. Setelah sobat menuliskan phpnya jangan lupa disimpan ya, kalo saya diberi nama hello.php kemudian letakkan pada root folder atau disebut juga public folder atau webroot, untuk pengguna Xampp pada OS Windows biasanya Root Folder nya terletak di C://xampp/htdocs/.

4. Perhatikan pada contoh di atas, kita menampilkan sebuah tulisan “Hello World” pada PHP. Untuk menampilkan tulisan kita menggunakan syntax echo. Setiap program yang dibuat dengan PHP haruslah berada diantara pembuka dan penutup ?>. Untuk menampilkan tulisan tersebut melalui browser silahkan ketikan http://localhost/hello.php pada browser, maka tulisan ‘Hello World' akan ditampilkan.

Keterangan : berbeda dengan bahasa pemrograman seperti Java dan C++, variabel pada php tidak perlu diinisialisasi terlebih dahulu. Jadi enjoy dan santai saja… hehehe

Mudah bukan? Ini hanya contoh dasar dari pemrograman PHP, untuk pembahasan berikutnya akan penulis lanjutkan di postingan artikel berikutnya.

Jika masih bingung apa itu PHP, silahkan baca Belajar PHP.

Tags

Related Post