4 Trik Memperbaiki Kabel Micro USB yang Rusak, Jangan Dulu Dibuang!

Erudisi.com – Punya kabel charger USB yang bagus tapi sering mengalami kerusakan? Jangan langsung dibuang! Coba deh pakai cara dibawah ini, siapa tahu bisa bagus lagi. Tapi sebelum ke tutorialnya, alangkah baiknya kita kenali ciri ciri dan penyebab kerusakan yang terjadi pada kabel USB tersebut. Sehingga setelah diperbaiki bisa diantisipasi supaya lebih awet ya.

Kenali Ciri Ciri Kabel Micro USB yang Mengalami Kerusakan

  1. Jika konektor sudah terpasang ke ponsel, biasanya ponsel tidak menunjukan gejala mengisi baterai. Meskipun kadang telihat mengisi namun daya tidak bertambah, bahkan mengurang dengan seiringnya waktu.
  2. Antara konektor USB dan ponsel terasa longgar jika saat dipasang. Sedangkan konektor tersebut seharusnya presisi dan tidak boleh longgar karena akan menghambat arus listrik yang masuk.
  3. Jika disambungkan ke perangkat komputer biasanya muncul peringatan “USB device not recognized” dan jelas hal ini komputer tidak mampu membaca data ponsel tersebut karena kabel sedang tidak baik.
  4. Jika kabel digerak-gerakan, ponsel terkadang mau mengisi dan kadang tidak karena konektor kabel USB yang sudah longgar.
✔ Populer :  Cara Hemat Kuota Internet di Laptop dan Smartphone

Beberapa Penyebab Kabel USB Rusak Antara Lain Adalah

  1. Tergoyang pada saat kita menggunakannya. Jika dilakukan terlalu sering, maka antara konektor USB dan konektor ponsel akan renggang karena tidak mampu menahan tekanan.
  2. Sering dibawa tidur saat melakukan pengisian yang menyebabkan kabel dan ponsel tertindih oleh tubuh kita sendiri yang menyebabkan tekanan berlebih.
  3. Saat berpergian kita sering membawanya sembarangan. Misal dengan tidak digulung ataupun mengalami tekukan yang menyebabkan putusnya kabel yang ada didalamnya.
  4. Tidak sengaja tersiram air yang dapat menimbulkan kotoran yang ada didalam konektor.

Cara Mengetahui kabel USB yang rusak sebetulnya sangat gampang dan mudah bukan? Nah, coba ikuti dibawah ini ya untuk memastikan kembali bagus atau tidaknya kabel USB tersebut.

1. Jangan gunakan kepala charger yang biasa digunakan. Misalnya bisa menggunakan charger lain atau alat elektronik dirumah yang menggunakan port USB. Karena biasanya alat yang ber-port USB bisa digunakan untuk proses mengisi ulang daya ponsel
2. Dengan charger yang sama, coba gunakan kabel micro USB yang lain. jika normal, berarti bisa dipastikan kabel tersebut rusak.

✔ Populer :  Cara Mudah Mengetahui Lokasi Teman Kamu dengan Menggunakan Android

Nah sampai disini kita sudah bisa mengetahui rusak atau tidaknya kabel micro USB tersebut. Jika sudah dipastikan rusak, jangan buru buru beli yang baru ya, karena masih bisa diperbaiki asalkan kabel tersebut belum putus.

Cara Memperbaiki Kabel Micro USB

Alat yang Perlu Dipersiapkan

1. Tang Jepit
2. Gunting Kuku ( alternatif )

Cara Perbaikan

4 Trik Memperbaiki Kabel Micro USB yang Rusak, Jangan Dulu Dibuang!

  1. Siapkan kabel micro USB yang sudah rusak lalu jepit tepat ditengah–tengah konektornya seperti gambar diatas. Ingat! Jangan menjepitnya terlalu keras karena hal tersebut hanya akan membuat kabel USB tersebut tambah sulit untuk diperbaiki.
  2. Jepitlah perlahan lahan dan lalu coba pasangkan ke ponsel Anda, Jika terasa sudah presisi maka biarkan ponsel melakukan proses pengisian. Jika belum ada perubahan maka bisa diulangi beberapa kali sehingga bisa lebih presisi dengan konektor yang ada didalam ponsel.
  3. Nah, Jika dirumah tidak ada tang potong, kita bisa menggunakan gunting kuku. Caranya hampir sama yaitu jepit antara tengah tengah konektor dengan gunting kuku secara perlahan dan jangan terburu-buru.
  4. Silahkan coba mengisi kembali ponsel tersebut, Jika tidak ada perubahan bisa menjepitnya kembali beberapa kali.
✔ Populer :  Cara Backup ROM via CWM

Catatan :
Disini tugas kita hanyalah merapatkan kembali rumah konektor yang sudah longgar jadi jangan mengotak-atik yang lain ya. Kabel micro USB yang bagus biasanya kebanyakan hanya mengalami kerusakan bagian konektornya saja dan untuk kerusakan kabel sangat jarang terjadi.

Cara diatas tidak ditujukan untuk kabel micro USB yang sudah putus. Menurut kami, menyambung kabel sudah putus tidak disarankan karena jika salah menyambung antara satu kabel dan kabel lainnya akan menimbulkan kerusakan pada ponsel itu sendiri.

Jika memang sudah tidak bisa diperbaiki lebih baik membeli kabel data USB yang baru saja supaya lebih aman.

BAGIKAN