Mengapa Blog Anda Butuh Halaman Kontak yang Bagus?

Salah satu elemen terpenting dari sebuah blog adalah adanya halaman kontak yang bagus. Halaman kontak juga merupakan salah satu halaman yang paling banyak dibuka pengunjung. Karena itu, keberadaannya tidak boleh diabaikan begitu saja.

Sayangnya, banyak blogger kurang memberi perhatian terhadap halaman kontak ini. Bahkan ada sebagian blogger tidak memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menghubungi mereka sama sekali, atau menyembunyikan alamat email mereka entah dimana tanpa memberi sebuah link hidup (live link) yang mempermudah pengunjung blog menghubungi mereka.

Alasannya, banyak blogger merasa khawatir, dengan memberitahu alamat email, mereka akan membuka pintu masuknya email sampah (spam). Cara pandang seperti ini, menurut saya sudah ketinggalan jaman. Memang, kemungkinan itu selalu ada.

Tapi, menuliskan alamat email kepada pembaca jauh lebih bermanfaat, membangun kredibilitas, serta membuka jalan terjalinnya sebuah komunikasi yang intens. Nyatanya, Anda hanya akan menemukan sedikit sekali email sampah masuk ke kotak masuk (inbox) Anda.

Jika memang Anda begitu menaruh perhatian terhadap masalah email spam ini, Anda kemudian bisa membuat email baru, yang khusus digunakan sebagai informasi kontak untuk blog Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga email secara terpisah, lalu menerapkan filter spam sesuai kebutuhan.

Mengapa Anda butuh halaman kontak blog?

Halaman kontak blog Anda, adalah sebuah laman yang dicari pengunjung Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghubungi Anda secara offline. Setidak-tidaknya Anda harus menyertakan alamat email. Atau jika mau Anda bisa menuliskan nomor telepon dan alamat rumah Anda, meskipun informasi ini tidak begitu berguna untuk sebuah blog pribadi.

Sedangkan bagi Anda yang membuat blog sebagai bagian dari bisnis utama Anda, maka Anda harus memberi cara alternatif bagi pengunjung untuk menghubungi Anda. Setiap informasi tambahan yang mempermudah pengunjung menghubungi Anda, akan memberi Anda juga blog Anda, tingkat kredibilitas lebih baik.

Coba Anda pikirkan, siapa yang lebih Anda percayai: seorang blogger ‘tak bernama’ yang tidak bisa Anda hubungi? Ataukah blogger yang menyediakan informasi penuh diri mereka, pengalaman mereka, latar belakang mereka, keahlian mereka dan memberi tahu cara menghubungi mereka dengan mudah?

Dengan sudut pandang ini, hanya Anda yang bisa menentukan informasi apa saja yang perlu Anda cantumkan di halaman kontak blog Anda. Jika tujuan Anda adalah membangun blog terkenal, mendapat perhatian dari media, mendapatkan uang, atau membangun kredibilitas dan reputasi diri, maka pastikan pengunjung blog Anda tahu siapa Anda, dan dengan mudah mereka dapat menghubungi Anda.

Namun demikian, jika Anda membuat blog hanya sekadar kesenangan, sebagai hobi, tanpa ada goal besar di pikiran Anda, maka sebuah halaman kontak yang ekstensif mungkin tidak diperlukan. Tapi juga bukan berarti Anda harus tidak memberi kesempatan sama sekali kepada pengunjung untuk menghubungi Anda. Paling tidak berikan sebuah alamat email.

Bagaimana cara membuat halaman kontak?

Banyak aplikasi blogging yang telah menyediakan fitur untuk membuat halaman kontak melalui template mereka. Namun, jika Anda menginginkan fitur lanjutan dan otomatis, Anda dapat menggunakan tool pihak ketiga untuk membuat halaman kontak blog.

Bagi Anda pengguna WordPress.org, ada banyak plugin gratis untuk tujuan ini. Sedangkan bagi pengguna Blogger.com, Anda dapat membuat form kontak menggunakan gadget Informasi Kontak bawaan blogger. Jika mau, dengan sedikit modifikasi. Anda dapat memasangnya di sebuah laman statis.

Keep happy blogging!

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here