4 Cara Ini Mampu Mengatasi Bahaya Power Bank yang Dapat Merusak Baterai Ponsel

Saat ini sangat banyak sekali yang sudah menggunakan Power Bank. Salah satu fungsi Power Bank ini adalah untuk menyimpan energi listrik untuk berbagai keperluan, dan salah satunya adalah untuk mengisi baterai ponsel saat kita sedang berpergian.

Mungkin banyak diatara kita yang tahu akan manfaat Power Bank ini, tapi disisi lain Power Bank ini dapat memperpendek umur baterai kamu, hal ini dapat terjadi karena pada saat ponsel sedang melakukan pengisian baterai maka ponsel tersebut juga sedang digunakan.

Sama halnya jika sedang melakukan pengisian baterai melalui Charger dari listrik lalu kita gunakan ponsel tersebut untuk memainkan game atau video misal.

Suhu penyebab utama.

Untuk menggunakan Power Bank ini sebenarnya tidak sembarang kita pakai karena ada aturan aturan tertentu agar manfaat yang didapat lebih besar daripada kerusakan yang yang akan di peroleh.

Sebuah ponsel akan mengeluarkan suhu hangat sampai dengan suhu panas pada saat digunakan. Itu bertanda bahwa komponen digital pada ponsel tersebut sedang bekerja. Sama halnya dengan Power Bank yang dimana jika kita gunakan maka akan mengeluarkan suhu hangat sampai suhu panas.

Kita pasti pernah mengalami dimana pada saat kita menggunakan ponsel untuk keperluan menonton video atau bermain game maka ponsel akan mengeluarkan panas berlebih, itu dikarenakan pada saat kita gunakan komponen digital pada ponsel tersebut sedang bekerja maksimal.

Lalu bagaimana Power Bank bisa memperpendek umur baterai kita ? Nah pada saat kita menonton video saja tanpa Power Bank ponsel sudah mengeluarkan suhu panas, jika kita tambah dengan menggunakan Power Bank maka suhu panas pada ponsel akan bertambah.

Dengan suhu terlalu panas maka yang akan dirugikan bukan hanya baterai pada ponsel saja namun komponen digital pada ponselpun ada yang tidak bisa terkena suhu terlalu panas. Biasanya sebuah komponen digital dan sebuah baterai akan ada batas suhu dimana jika kita beri suhu yang lebih dari yang ditetapkan maka bisa saja komponen dan baterai tersebut cepat rusak bahkan langsung rusak pada saat itu juga.

Gunakan Power Bank Dengan Benar.

Untuk menggunakan Power Bank ini sebenarnya tidak sulit asalkan kita tahu aturan aturan yang ada.
Dengan menggunakan Power Bank dengan benar maka kita akan lebih meminimalisir kerusakan pada komponen digital pada ponsel serta baterainya.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk menggunakan Power Bank dengan benar.

1.Gunakan Power Bank pada saat darurat saja
Darurat disini artinya yaitu pada saat kita diperjalanan yang dimana kita tidak menemukan sumber listrik untuk mengisi ulang baterai maka gunakan Power Bank sebagai pengganti charger.
Pada saat kita mengisi ulang baterai lebih bagus ditunda dahulu untuk memaksa ponsel melakukan aktifitas berat seperti bermain game atau menonton video. Jika untuk menggunakan media sosial seperti BBM dll sepertinya tidak terlalu bermasalah.

2. Gunakan seperlunya saja
jika batarai sudah dirasa penuh maka alangkah baiknya jika kita berhenti melakukan pengisian karena jika Power Bank terus menerus digunakan maka akan sedikit tersisa daya yang dimana saat darurat masih bisa kita pergunakan untuk mengisi ponsel kita kembali.

3. Jika ada listrik jangan gunakan Power Bank
jika kita sedang dirumah atau dimanapun namun tersedia listrik untuk mengisi ulang lebih baik gunakan isi ulang menggunakan listrik saja, selain baterai ponsel cepat penuh juga lebih aman jika charger yang kita gunakan adalah charger bawaan ponsel.

4. Jangan tunggu pemadaman listrik untuk mengisi ulang Power Bank
Jika dirasa Power Bank sudah menandakan daya lemah maka sesegera mungkin untuk diisi ulang kembali agar nantinya jika saat terjadi pemadaman listrik bisa kita gunakan.

Nah itu beberapa tips yang bisa jadi preferensi agar kita bisa lebih bijak menggunakan Power Bank, jika kamu sudah melakukan hal diatas namun kerusakan masih terjadi maka bukan lagi salah menggunakan namun bisa jadi produk yang kita pakai berkualitas rendah atau ada cacat dalam produksi.

Jika ponsel yang kita gunakan harganya tidak mahal masih tidak terlalu bermasalah jika terjadi kerusakan namun apa yang terjadi jika kerusakan terjadi pada ponsel mahal atau berspesifikasi tinggi ? Semakin mahal suatu harga ponsel maka semakin tinggi pula harga yang kita keluarkan jika terjadi kerusakan.

Pihak pabrik sebenarnya sudah antisipasi apa yang akan terjadi pada ponsel tersebut namun itu bukan berarti ponsel tersebut bisa digunakan sembarangan. Maka dari itu lebih baik mematuhi aturan aturan yang ada, aturan aturan tersebut sebenarnya untuk keselamatan dan kenyamanan yang menggunakan suatu produk.

Semoga bermanfaat.