Cara Mengatasi Kegagalan yang Datang

Setiap usaha yang kita lakukan belum tentu membuahkan hasil yang kita inginkan, inilah yang menyebabkan sebagian orang menjadi tidak lagi bersemangat dalam meneruskan sebuah usaha yang sudah menjadi kewajibannya. Kebanyakan dari mereka berfikir bahwasanya tidak ada gunanya lagi berusaha jika berujung pada kegagalan.

Sebaliknya banyak juga orang yang berusaha meyakinkan dirinya sendiri bahwa suatu saat nanti ia akan berhasil dan memperoleh segalanya yang ia inginkan.

Kita sering mendengar bukan sebuah slogan yang mengatakan “jika ingin berhasil siaplah untuk gagal”. Namun apalah arti sebuah slogan jika tidak ada semangat dari sendiri untuk bisa bangkit dari kegagalan tersebut.

Untuk itu saya memiliki beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kegagalan yang datang :

1. Jadikan Kegagalan Sebagai Langkah Awal Meraih Sukses

Ya pada dasarnya kegagalan adalah langkah awal untuk mencapai sebuah kesuksesan, kita tahu beberapa ilmuwan di dunia yang sangat sulit sekali menemukan sesuatu dengan cepat. Kita ambil contoh Thomas Alva Edison, selama bertahun-tahun ia mencoba mengembangkan temuannya tentang lampu. Ribuan kali ia gagal namun ia tidak mudah menyerah dan terus berusaha, sampai pada saatnya ia berhasil menciptakan bola lampu.

2. Jadikan Kegagalan Sebagai Pendorong

Wiliam Boty mengatakan:“Yang terpenting di dunia ini bukanlah mengumpulkan keuntungan-keuntungan. Ini mudah saja. Yang penting apakah keuntungan dari kegagalan yang kita derita. Ini memerlukan kecerdasan dan disinilah letak perbedaan antara yang cerdas dan yang bodoh”.

Dari situ kita bisa mengutip perkataan william bahwasanya, untuk mencapai kesuksesan dengan memperoleh keuntungan itu tidak mudah, kita diharuskan untuk berusaha dan tidak mudah menyerah.

3. Bangkit Dan Percaya

Saat orang mengalami kegagalan kebanyakan dari mereka justru mengeluh tanpa harus mencari solusi mengatasinya. Nah pada point ini kita segerakan untuk bangkit dari kegagalan tersebut, setelah kita bangkit dan mengembangkan usaha yang kita lakukan percayalah suatu saat nanti usaha yang kita lakukan akan berhasil dan tidak sia-sia.

4. Perbaiki Kesalahan

Saat kegagalan datang pastinya tidak lain ada penyebabnya, nah pada saat itu kita harus bisa mencari tau apa penyebab kegagalan itu terjadi, jika kita temukan kesalahan segeralah mencoba memperbaikinya dengan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Kita bisa mencari cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus berbuat kesalahan kembali.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kegagalan yang datang. 

Ingat sobat tidak ada jalan pintas untuk menuju Roma, kita dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai Roma.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here