12 Bahan Dasar Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Membuka Usaha Sablon No ratings yet.

Ketika seorang akan menyablon maka dia akan menggunakan beberapa jenis obat sablon yang harus diketahui yaitu :

1. Pigmen Warna Sablon

Pigmen sablon terdiri dari empat warna dasar yaitu merah, kuning, biru, dan hitam. Dari 4 dasar warna inilah Anda bisa membuat beragam warna yang anda inginkan. Tergantung dari dosis percampuran warna yang anda kombinasikan.

2. Binder ( Penguat )

Penguat sablon sering disebut dengan binder dengan binder ini akan membuat hasil sablon anda kuat dan tidak luntur ketika dicuci.

3. Raber Sablon

Raber sablon adalah obat utama ketika anda akan menyablon. Karena dengan raber inilah yang nantinya akan dicampur dengan binder dan pigmen warna ketika Anda akan menyablon. Bisa dikatakan raber ini adalah cat sablon yang yang harus ada ketika Anda akan menyablon.

4. Obat Afdruk

Obat afdruk terdiri dari dua bagian yaitu sensitilizer dan afdruk. Kedua bagian ini akan dicampurkan menjadi satu dan akan digunakan untuk menutupi screen sablon. Dari obat Afruk inilah yang nantinya akan terbentuk sketsa gambar. Dari sketsa inilah nantinya gambar sablon akan terbentuk.

✔ Populer :  Perbedaan Sablon Kaos dan Sablon Stiker yang Perlu Anda Ketahui

5. Tinta Foaming

Tinta foaming sering disebut juga dengan tinta pengembang. Tinta ini bisa anda campurkan ke dalam pasta sablon ketika anda ingin membuat sablon timbul.

6. Kristal Pembersih

Kristal pembersih ini Anda gunakan ketika akan membersihkan sisa obat afdruk yang masih menempel di screen Anda setelah anda selesai menyablon.

7. Minyak M3

Minyak M3 ini anda gunakan untuk membersihkan sisa cat sablon yang masih menempel di screen sablon anda yang tidak bisa dibersihkan dengan kristal pembersih.

8. Socket atau Rakel

Racel atau soket sablon digunakan untuk menyapu tinta sablon di atas screen agar meresap kedalam kaos yang akan anda sablon.

9. Lem Meja

Lem meja digunakan untuk membuat kaos tetap presisi dan tidak bergeser. Biasanya lem meja ini diratakan diatas papan sablon yang akan dimasukkan ke dalam kaos.

10. Screen atau Frame Sablon

Screen atau frame sablon adalah alat yang digunakan untuk membuat sketsa gambar sablon. Screen ini berbentuk persegi panjang dengan plastik berpori di dalamnya. Plastik berpori inilah yang akan digunakan untuk membuat sketsa gambar sablon menggunakan obat afdruk.

✔ Populer :  2 Jenis Obat Afdruk Film Sablon Terbaik yang Patut Anda Coba

11. Meja Sablon

Meja sablon adalah meja biasa yang digunakan untuk menyablon. Agar kita tidak selalu membungkuk ketika menyablon. Meja ini biasanya terbuat dari kayu dengan tinggi meja menyesuaikan tinggi badan dari penyablon. Ketinggian meja ini biasanya berada dibawah satu jengkal dari pusar tukang sablon.

12. Papan Sablon

Papan sablon adalah papan biasa yang terbuat dari triplek, yang akan kita susupkan ke dalam kaos. Papan ini dimaksudkan agar kita mudah ketika menyablon dan tinta tidak merasap menembus bagian kaos yang lain.

Inilah peralatan dasar untuk menyablon yang perlu Anda ketahui. Meskipun seiring berkembangnya teknologi maka peralatan sablon pun akan mulai bertambah. Akan tetapi secara dasar, 12 alat diatas sudah cukup untuk Anda yang akan memulai bisnis sablon.

Beri Kami Bintang