Mengenal Dua Jenis Transfer Paper dan Cara Penggunaannya

Transfer paper terdiri dari dua jenis yang pertama adalah transfer paper yang biasa digunakan untuk membuat gambar pada kaos yang berwarna putih atau terang. Sedangkan yang kedua adalah transfer paper yang digunakan untuk membuat gambar pada kaos berwarna hitam ataupun kaos berwarna gelap yang lainnya.

Transfer paper yang digunakan untuk membuat gambar pada kaos berwarna putih akan meresap ke dalam kain secara sempurna dan jenis transfer paper ini berwarna bening ketika Anda press ke dalam kaos putih.

Jenis transfer Paper ini hanya akan meninggalkan sisa gambar di dalam kaos. Sedangkan pada bagian yang tidak terkena tinta gambar akan berwarna bening. sehingga transfer Paper ini tidak perlu dikelupas dahulu ketika Anda press.

Langsung saja tempelkan transfer paper ini diatas kaos Anda. Kemudian Anda bisa mengepres atau menyetrikanya, akan tetapi jangan lupa untuk menge-print menggunakan mode mirror karena anda akan menempelkanya dengan terbalik.

Jika Anda tidak menggunakan mode mirror maka gambar di dalam kaos Anda justru akan terbalik. Jenis transfer Paper ini tidak bisa digunakan di kaos berwarna apalagi kaos berwarna hitam. Karena gambar tidak akan nampak jelas dan jenis transfer paper ini hanya ditujukan kepada kaos yang berwarna terang misalkan putih.

Untuk jenis transfer paper yang kedua adalah jenis transfer paper yang ditujukan untuk membuat gambar pada kaos berwarna gelap. Misalkan hitam dan warna gelap yang lainnya. Ketika anda menggunakan transfer paper ini, Anda tidak perlu mencetaknya menggunakan mode mirror, karena anda tidak akan menempelkan gambar pada kaos dengan keadaan terbalik.

Berbeda dengan transfer paper khusus yang digunakan untuk kaos berwarna terang. Transfer paper yang digunakan untuk kaos yang berwarna gelap berbentuk seperti karet. Sebelum menggunakan transfer Paper ini sebaiknya jangan sampai transfer Paper ini terkena percikan air atau cat lainnya.

Karena akan sukar dihilangkan dan akan membuat hasil print Anda kurang maksimal. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan transfer paper ini adalah mencetak gambar Anda di atas transfer paper ini, setelah anda mencetaknya maka Anda harus mengelupas transfer paper dari kertas pelindungnya.

Selain itu Anda juga harus memotong gambar secara presisi kemudian baru Anda menempelkannya di atas kaos Anda. Setelah transfer diletakkan diatas kaos tutupilah dengan kertas kalkir, baru setelah anda tutupi dengan kertas kalkir Anda bisa mengepresnya dengan setrika maupun alat hot press.

Transfer Paper ini tidak meresap seperti transfer paper yang pertama. Transfer Paper ini berwarna putih dan akan tetap berwarna blok putih ketika bagian lain yang tidak terkena tinta gambar ikut Anda tempelkan. Oleh karena itu Anda harus memotongnya secara bersih dan rapi.

Untuk jenis kertas transfer paper yang paling banyak digunakan adalah merek premium dan juga merek blueprint. Anda bisa memilih salah satu diantara keduanya sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.