Mengenal Dunning Kruger Effect dan Tandanya

ERUDISI.com – Dunning kruger effect merupakan kondisi dimana seseorang beranggapan bahwa dirinya sudah menguasai suatu bidang tertentu dan seakan-akan kemampuan dan pemahamannya yang dia miliki

Arga Fica

Mengenal Dunning Kruger Effect dan Tandanya foto:(pexels)
Mengenal Dunning Kruger Effect dan Tandanya foto:(pexels)

ERUDISI.com – merupakan kondisi dimana seseorang beranggapan bahwa dirinya sudah menguasai suatu bidang tertentu dan seakan-akan kemampuan dan pemahamannya yang dia miliki sudah tinggi dan benar, serta beranggapan bahwa dirinyalah yang paling pintar dan mengerti tentang suatu bidang pekerjaan yang dikerjakannya.

Manusia memang mudah untuk menilai orang lain namun dalam kasus dunning kruger effect ini seseorang terlalu tinggi dalam menilai dirinya sehingga dia merasa paling pintar serta pendapatnya paling benar sementara pendapat orang lain yang salah.

Pasti dalam kehidupan sehari-hari tak jarang kita menemukan seseorang dengan tipe dunning kruger effect, untuk mengenalinya pun mudah simak berikut ini.

:

1. Suka Merasa Dirinya Lebih Tau

Manusia memang memiliki keahlian dalam suatu bidang tertentu namun meskipun bisa dibilang ahli seharusnya saat ada seseorang yang memberikan masukan untuknya dia bisa menerimanya.

Lain halnya dengan seseorang yang terkena dunning kruger effect ini ketika ada seseorang yang memberikan masukan untuknya dia tidak bisa menerimanya atau menolak masukan dari orang lain, bisa jadi malah orang yang memberikan masukan malah akan digurui nya dan pendapatnya disalahkan.

2. Tidak Mau Mengakui Keunggulan Orang Lain

Orang dunning kruger effect tidak menyukai jika ada orang lain yang berada di sekitarnya membicarakan tentang kehebatan dan keunggulan temannya ataupun orang lain, jika ada yang melakukan hal tersebut dia akan merasa kesal dan seperti acuh tak acuh dan berusaha menyangkal bahwa keunggulan dan kehebatan orang lain merupakan sebuah kebetulan.

Karena dia tidak suka jika ada orang lain yang lebih hebat darinya sebab dia merasa tersaingi.

3. Percaya Diri Yang Berlebihan

Memiliki kepercayaan diri memang penting namun jika kepercayaan diri yang ditujukan kepada orang lain terlalu tinggi ataupun berlebihan, maka dapat membuat orang lain mempunyai anggapan bahwa kamu sombong.

Percaya dan bangga dengan kemampuan yang dimiliki memang boleh tapi jangan berlebihan, orang yang jelas cerdas tidak perlu banyak berbicara agar orang lain mengetahui kecerdasannya karena orang lain melihat kecerdasan seseorang melalu sikap dan juga tindakannya.

Berbicara tentang segudang prestasi dan kemampuan yang dimilikinya malah akan membuat orang lain merasa risih dan menjauhi mu, percaya diri memang perlu namun hargai juga keberadaan dan perasaan orang lain.

4. Tidak Mau Mengakui Kesalahan

Ketika berbuat salah dia tidak ingin orang lain menyalahkannya meskipun orang lain sudah mengetahui bahwa kesalahan berasal darinya, dia akan menyangkal dengan berbagai alasan dan tidak segan-segan memutar balikkan fakta dan menyalahkan orang lain untuk menutupi kesalahannya.

Bisa dikatakan orang dengan dunning kruger effect menuntut dirinya harus perfect hingga tidak boleh melakukan kesalahan apapun, sehingga ketika berbuat salah dia tidak mau disalahkan dan bisa dibilang egois karena mementingkan diri sendiri.

Itulah tanda-tanda dunning kruger effect pada seseorang yang bisa kamu temukan dari dalam diri orang lain maupun diri sendiri, jika kamu menemukan tanda-tanda tersebut ada pada dirimu segera belajar lah untuk bisa mendengarkan dan menerima pendapat dari orang lain karena tindakan tersebut tidak ada salahnya.

Related Post