5 Cara Mudah Menggunakan Lampu UV pada Penyablonan Kaos

Lampu uv sangat penting dalam pembuatan film sablon. Karena sekarang jarang sekali orang yang menggunakan sinar matahari untuk membuat skema di dalam frame sablon mereka.

Karena sinar matahari selain intensitasnya yang sangat tinggi juga akan membuat obat afdruk yang ada di dalam frame akan sangat cepat mengeras dan menyusulit pada saat dilakukan penyemprotan.

Oleh sebab itulah sekarang lampu uv sangat nge-trend di kalangan para pengrajin sablon. Karena lampu uv memiliki beberapa keunggulan daripada menggunakan penyinaran dengan matahari yaitu :

  • Intensitasnya bisa diatur. Dengan menggunakan lampu uv intensitas penyinaran bisa diatur dengan memilih lampu dengan ukuran watt tertentu. Berbeda dengan matahari yang terkadang sinarnya bisa sangat terang dan bahkan kadang redup dan juga tidak mungkin untuk diatur.
  • Bisa digunakan kapanpun. Berbeda ketika kita melakukan penyinaran menggunakan matahari yang hanya bisa dilakukan pada siang hari. Dengan menggunakan lampu uv kita bisa membuat film kapanpun baik siang maupun malam karena lampu uv menggunakan energi listrik untuk penyalaannya.
✔ Populer :  Cara Membuat Sablon Digital Menggunakan Setrika Biasa

Adapun Cara Penggunaan Lampu UV Adalah Sebagai Berikut :

  1. Siapkanlah papan frem Anda yang telah diberi obat afdruk dan juga siapkan skema gambar anda. Letakkan skema gambar diatas papan screen Anda.
  2. Pasanglah lampu uv anda 10 cm dari permukaan frame.
  3. Siapkan timer menggunakan Smartphone Anda.
  4. Nyalakan lampu uv bersamaan dengan timer. Anda bisa menyinarinya kurang lebih selama 8 menit.
  5. Setelah frame selesai Anda sinari, semprotlah maka hasil gambar sablon akan mulai nampak.

Selain menggunakan lampu uv khusus, Anda juga bisa menggunakan lampu hemat energi. Akan tetapi untuk lampu jenis ini Anda harus melakukan uji coba, karena setiap lampu memiliki daya yang berbeda. Sehingga untuk mencapai titik kekerasan yang tepat pada desain gambar dibutuhkan uji coba agar gambar bisa kita semprot dan tidak terlalu keras.

Patokan ukuran penyinaran selama 8 menit adalah hasil uji coba dari lampu dengan daya kurang dari 20 watt. Inilah cara penggunaan lampu uv saat Anda menyablon yang bisa Anda coba di rumah.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. WA : 0852-0160-6992