Mengenal Lebih Dekat PHP dan MySQL?

Untuk apa menggunakan PHP dan MySQL?

Kombinasi PHP dan MySQL adalah cara yang mudah namun powerful untuk membuat sebuah halaman web dinamis, yang benar-benar ‘berinteraksi’ dengan pengunjung Anda.

Sementara HTML mampu membuat halaman web yang bagus dan terformat dengan baik, dengan tambahan PHP dan MySQL, Anda bisa mengoleksi data dari pengunjung, membuat konten spesifik sesuai permintaan, dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh HTML sendirian.

Salah satu kelebihan PHP sebagai bahasa pemrograman, karena ia didesain untuk digunakan bersama-sama dengan HTML dengan sangat mudahnya.

Anda bisa menggunakan PHP di dalam halaman HTML yang telah ada, atau sebaliknya, menambahkan tag HTML ke kode PHP Anda. Saat Anda mempelajari PHP, pengetahuan Anda tentang HTML lantas menjadi tak berguna. Justru sebaliknya, ia memberi Anda fungsi dan kemampuan lebih.

Apa itu PHP?

PHP adalah sebuah bahasa script yang seringkali ditambahkan ke dalam HTML untuk menambahkan fungsi yang tidak bisa dilakukan oleh HTML sendiri. PHP memungkinkan Anda mengumpulkan, memproses dan memanfaatkan data untuk membuat keluaran yang diinginkan. Dengan kata lain, ia membuat pengunjung berinteraksi dengan halaman web Anda.

PHP mampu melakukan berbagai hal, seperti menampilkan data, membuat perhitungan numerik (seperti penjumlahan dan perkalian), membuat perbandingan (lebih besar, sama dengan, lebih kecil, dan sebagainya), dan membuat pilihan boolean sederhana.

Dari situ kemudian Anda bisa membuat loops dan fungsi yang lebih kompleks agar halaman Anda menampilkan data yang lebih rumit dan spesifik.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah sebuah database yang digunakan untuk menyimpan informasi. MySQL dapat menyimpan banyak tipe data, mulai dari yang paling simpel berupa karakter tunggal, sampai sebuah file lengkap atau sebuah grafis.

Meskipun MySQL dapat diakses oleh hampir semua bahasa pemrograman, namun ia lebih sering dipadukan bersama PHP, karena keduanya bisa digunakan dengan sama mudahnya.

Informasi atau data yang tersimpan oleh MySQL dan dihost di sebuah server web, kemudian dapat diakses dari manapun, dari seluruh dunia.

Ini membuat ia sebagai salah satu cara terbaik untuk menyimpan informasi yang memerlukan perubahan dari waktu ke waktu, namun juga dapat diakses melalui internet.

Bagaimana PHP dan MySQL bekerja bersama-sama?

PHP dan MySQL saling melengkapi satu sama lain agar dapat melakukan hal yang tidak bisa dilakukan sendiri masing-masing. PHP mampu mengumpulkan data dari pengunjung, sementara MySQL menyimpannya untuk digunakan kemudian.

PHP bisa melakukan perhitungan dinamis, sementara MySQL bisa menyediakan variabel-variabel yang bisa diperlukan. PHP dapat membuat sebuah keranjang belanja untuk website Anda, dan MySQL kemudian menyimpannya dalam sebuah format yang bisa digunakan oleh PHP untuk membuat kwitansi, menampilkan status order, atau bahkan menawarkan produk lainnya yang relevan.

Meskipun PHP dan MySQL bisa digunakan sendiri-sendiri secara terpisah, namun saat digunakan bersama-sama, ia memberi kemungkinan dan kemampuan yang hampir tidak terbatas bagi website Anda.

Seiring perkembangan internet, menjadi lebih dan lebih diperlukan lagi untuk memberikan konten dinamis yang diperlukan oleh pengguna internet. Mereka menginginkan informasi yang tepat, yang bisa tersajikan ke hadapan mereka dengan cepat dan tepat secara online.

Dengan belajar PHP dan MySQL, Anda dapat memenuhi permintaan mereka terhadap informasi yang mereka inginkan dengan cara yang mudah.

Menjalankan PHP dan MySQL

Untuk bisa mengikuti panduan atau tutorial yang disajikan di sini, maka website Anda harus memiliki kemampuan untuk menjalankan PHP dan MySQL terlebih dahulu.

Kebanyakan layanan hosting, sudah mendukung PHP dan MySQL, namun untuk memastikan Anda bisa menanyakan kepada pihak layanan hosting yang Anda miliki.

Dan jika Anda baru berencana untuk belanja hosting, pastikan ia telah mendukung PHP dan paket yang Anda pilih mendukung paling tidak satu database MySQL.

Pilihan lainnya adalah menginstall PHP dan MySQL langsung ke komputer Anda. Jika Anda pengguna Mac, berarti Anda telah memiliki PHP dan MySQL, Anda hanya perlu mengaktifkan keduanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here