Gunakan Bahan Satu Ini Agar Hasil Sablon Anda Melekat kuat Pada Kaos

Pernahkah Anda menyablon dan hasil sablon Anda luntur ketika Anda cuci? Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, berarti artikel ini sangat cocok untuk Anda. Karena pada kesempatan ini kami akan membahas tentang penguat sablon dan cara penggunaannya.

Obat penguat sablon disini kami menggunakan binder dan untuk penjelasan selanjutnya kami akan menyebut penguat sablon dengan sebutan binder. Binder berwarna putih seperti susu dan bersifat cair seperti air.

Binder memiliki dua jenis kemasan. Kemasan yang pertama berukuran kecil dengan bentuk seperti dot bayi yang memiliki ujung lancip, yang berfungsi untuk menuangkan binder agar cairan ini bisa menetes secara perlahan. Sehingga kita bisa mengatur jumlah binder yang akan kita masukkan ke dalam pasta sablon yang sudah kita buat.

Kemasan yang kedua berukuran sangat besar berbentuk seperti botol jamu. Binder dengan ukuran ini biasanya dibeli oleh tukang sablon profesional yang membuat adonan sablon dalam jumlah banyak.

Meskipun binder berwarna putih seperti susu, ketika cairan binder dikeringkan maka dia akan memiliki tekstur seperti karet dan berwarna bening sehingga tidak mempengaruhi warna dari cat sablon yang kita buat.

Cara penggunaan binder pun sangat sederhana, yaitu dengan menambahkan binder ke dalam pasta sablon yang telah kita buat. Kita bisa membuat pasta sablon dengan menggunakan ruber dan juga pigmen warna yang disesuaikan dengan warna yang anda inginkan.

Binder Memiliki Dua Fungsi Sekaligus

1. Sebagai Pengencer Cat Sablon

Binder bisa kita gunakan sebagai alat untuk mengencerkan cat sablon yang tidak mempengaruhi warna dan juga tidak merubah tekstur cat sablon. Sehingga membuatnya tidak meleber ketika di disablon.

Binder biasa digunakan ketika seorang tukang sablon ingin menyablon diatas kain yang bersifat katun dan juga berpori-pori tipis yang sangat banyak menyerap cat. Sehingga jika tidak menggunakan binder akan memakan terlalu banyak cat.

2. Sebagai Penguat Cat Sablon

Binder dan cat sablon ibarat raja dan ratu, dua hal yang tidak di bisa dipisahkan. Jika anda menyablon kaos tanpa menggunakan binder. Meskipun sablon yang telah anda buat Anda keringkan dengan matahari dan pengering rambut, maka sablon tersebut akan luntur ketika dicuci.

Berbeda ketika anda menggunakan binder, karena binder bertekstur seperti karet dan meresap kedalam pori-pori kain. Sehingga bisa kuat melekat ke dalam kaos sablon dan meskipun berkali-kali kita cuci hasil sablon kita akan kuat menempel dan tidak luntur.

Selamat mencoba dan tetap berhati-hati agar mendapatkan hasil yang terbaik. 🙂