Mengenal Phubbing dan Dampak Negatifnya

ERUDISI.com – Phubbing adalah sikap atau perilaku yang dimiliki oleh seseorang yang tidak bisa jauh dari ponselnya meski disaat berkumpul dengan keluarga maupun teman, karena

Arga Fica

Mengenal Phubbing dan Dampak Negatifnya foto:(pexels)
Mengenal Phubbing dan Dampak Negatifnya foto:(pexels)

ERUDISI.com – sikap atau perilaku yang dimiliki oleh seseorang yang tidak bisa jauh dari ponselnya meski disaat berkumpul dengan keluarga maupun teman, karena asik dengan ponselnya atau bisa disebut juga dengan kecanduan ponsel sehingga tindakan tersebut dapat mengabaikan orang lain yang ada disekitarnya.

biasanya selalu gelisah jika tidak ada ponsel dalam genggamannya, jika ada ponsel digenggaman maka tidak ada satu orang pun yang dapat mengalihkan pandangannya dari ponselnya.

Ketika sedang berbicara kepada orang lain atau sebaliknya maka orang dengan perilaku phubbing akan terus menatap layar ponselnya tanpa melihat lawan bicaranya, sehingga tak jarang seseorang dengan perilaku phubbing sering memberikan respon yang tidak nyambung dengan pembicaraan karena konsentrasinya terpecah oleh ponselnya.

Membawa ponsel kemanapun kita pergi memang dapat bermanfaat untuk seseorang dapat menghubungi kita dengan mudah begitupun sebaliknya, namun tanpa disadari terus menatap layar ponsel dapat menyebabkan seseorang menjadi perilaku phubbing loh dan adapun dampak negatif dari phubbing yang perlu kita ketahui.

:

1. Merusak Hubungan 

Phubbing sama dengan perbuatan yang cenderung mengabaikan orang yang berada disekitarnya tindakan tersebut dinilai kurang sopan dan mencerminkan sikap kurang bisa menghargai orang disekitarnya, karena terlalu fokus pada ponselnya tindakan itu dapat membuat orang lain merasa kesal dan bisa memicu pertengkaran.

Ketika kita sedang berbicara kepada orang lain tentu kita ingin diperhatikan dan didengarkan dengan baik begitu pula sebaliknya, ketika ada seseorang yang sedang berbicara dengan kita luangkan waktu sejenak untuk mendengarkannya.

2. Mengganggu Kesehatan Mental

Mungkin saat seseorang belum kecanduan ponsel ada cerita di masa lalu nya seperti merasa ditolak, diabaikan, dikucilkan ataupun diremehkan oleh orang sekeliling nya sehingga dengan ponsel tetap ada dalam genggaman dan sering menatap ponsel dapat membuat dirinya merasa nyaman.

Sehingga tanpa phubbing sadari mengalihkan semua hal yang dapat membuat dirinya merasa gelisah, kesal dan cemas kepada ponsel dapat memperburuk keadaan dan juga mempengaruhi serta menurunkan kesehatan mental karena dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan.

3. Menimbulkan Konflik Dalam Rumah Tangga

juga bisa mempengaruhi dunia pernikahan banyak sekali kini orang yang sudah berumah tangga mengeluhkan sikap pasangannya yang kecanduan ponsel, sehingga dapat menyebabkan hubungan menjadi kurang harmonis karena pasangannya terlalu asik dengan ponselnya hal tersebut dapat memicu sebuah pertengkaran dalam rumah tangga.

4. Membuat Seseorang Menjadi Perilaku Phubbing

Ternyata phubbing dapat menular kepada orang lain loh misalnya saja ketika ada seseorang yang sedang berbicara dengan kita, namun karena kita keasikan bermain ponsel maka orang tersebut akan mengalihkan semua perhatian nya ke ponselnya juga.

Jika termasuk orang yang tidak bisa jauh dari ponsel bisa jadi kita merupakan pelaku phubbing, untuk itu saat bertemu atau berkumpul dengan orang lain kita harus bisa mengontrol diri untuk tidak bermain ponsel agar perhatian kita tidak tertuju pada ponsel baiknya simpan ponsel kita terlebih dahulu agar tidak merusak ketenangan situasi.

 

 

Related Post