Mengenal Lebih Dekat Tentang Screen Sablon dan Cara Menggunakannya

Screen sablon terdiri dari dua bagian, bagian pertama adalah bagian luar yang terbuat dari kayu. Sedangkan bagian yang kedua terbuat dari plastik yang berpori-pori. Dari pori-pori sintetis inilah nantinya kita akan membuat desain sablon kita di atas screen sablon ini.

Sesuaikan Ukuran

Screen sablon memiliki beragam ukuran sesuai dengan kebutuhan sablon yang akan kita gunakan. Sedangkan pada umumnya ukuran screen sablon yang kita gunakan untuk menyablon kaos secara standar berukuran 30 cm *  40 cm.

Kita bisa menggunakan screen sablon yang lebih besar atau yang lebih kecil tergantung kebutuhan. Biasanya screen sablon yang digunakan untuk menyablon stiker memiliki pori-pori yang lebih kecil dan hanya berukuran satu jengkal saja jika. Akan tetapi hal ini bukan ukuran tetap, karena screen sablon bisa disesuaikan dengan besar stiker ataupun luasan gambar yang akan kita buat.

Tips Menggunakan Screen Sablon

  1. Cara menggunakan screen sablon ini sangatlah sederhana, langkah awal yang Anda lakukan adalah menuangkan campuran afdruk ke atas screen sablon ini kemudian dikeringkan. Setelah itu Anda menempelkan desain gambar di atas screen sablon kemudian dipanasi dengan lampu UV
  2. Lakukan Dengan penyemprotan dengan air bersih, setelah itu desain film secara otomatis akan membentuk di atas screen sablon ini.  Setelah screen film sablon yang sudah anda semprot Anda keringkan, maka screen sablon ini tinggal Anda Letakkan diatas kaos untuk menyablon atau bisa menggunakan alat presisi agar gambar tidak bergeser kemudian tinggal Anda gowes dengan rakel

Inilah bentuk dan cara menggunakan screen sablon. Akan tetapi sebaiknya setelah menyablon Anda langsung membersihkan cat sablon dan obat afdruk dari screen. Karena hal itu akan lebih memudahkan ketika pembersihan. Jika screen sablon telah terlalu lama dibiarkan maka afdruk dan obat sablon akan mengeras dan sulit untuk dibersihkan.

Jangan sampai screen ini terlalu lama anda rendam ke dalam air karena bagian luar screen ini terbuat dari kayu yang akan menyerap air. Ketika screen sablon ini sudah menyerap air maka untuk mengeringkan kayu ini membutuhkan waktu yang agak lama. Jika screen ini tidak dikeringkan maka tetesan air akan mengotori kaos maupun setiker yang akan Anda sablon.