Mengenal Youtube Lebih Dekat

Siapa yang tidak kenal Youtube? Sebuah layanan hosting video terpopuler di jagat raya. Layanan ini memungkinkan orang menonton dan mengunggah file video. Di sini juga, pengguna dapat memberi rating, menambahkan komentar serta berlangganan ke pembuat video favorit mereka.

Ya, Youtube sangat populer. Bahkan banyak orang bisa menghasilkan uang dari Youtube dan menjadi terkenal karena mengunggah videonya ke Youtube.

Sejarah Youtube

Youtube diluncurkan secara resmi pada Desember 2005, dan segera menjadi populer dalam waktu singkat. Akhirnya Google membelinya pada 2006 dengan nilai mencapai 1,6 juta dolar, meski saat itu Youtube belum mampu memberi keuntungan. Di sini lah hebatnya visi Google.

Google sendiri menyatakan bahwa akan tetap mengembangkan Youtube sebagai brand terpisah dari Google, hal sama yang dilakukan dalam menangani Blogger.

Menonton video

Anda dapat menonton video langsung melalui www.youtube.com atau juga dari video Youtube yang disematkan di tempat lain, seperti misalnya di sebuah blog atau website.

Ini artinya, Anda tidak harus selalu mengunjungi Youtube untuk menonton konten Youtube. Ini juga berarti Anda bisa menggunakan konten Youtube untuk melengkapi blog atau website Anda sendiri.

Format video

Youtube menggunakan format Adobe Flash untuk memutar video. Ini merupakan satu format standar yang didukung banyak peramban (browser), termasuk Internet Explore, Opera, Safari, Firefox dan Chrome. Video Youtube juga bisa diputar dari berbagai perangkat mobile menggunakan format ini.

Menemukan video dengan mudah

Tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya Youtube memiliki kemampuan mesin pencari yang sangat hebat, karena itu Anda dapat menemukan video dengan berbagai cara dengan mudah.

Anda bisa mencari video berdasarkan kata kunci (keyword), berdasarkan topik, saluran dan sebagainya. Begitu Anda temukan saluran atau pembuat konten yang Anda senangi, Anda lalu bisa berlangganan saluran mereka.

Komunitas Youtube

Salah satu alasan mengapa Youtube menjadi begitu populer adalah karena kemampuannya membentuk komunitas. Anda tidak hanya bisa menonton video, tapi juga memberi rating, membuat komentar, membagikannya ke teman dan seterusnya.

Komunitas ini lah yang akhirnya membuat konten Youtube menjadi sangat populer dengan cepat dan menyebar ke seluruh dunia. Anda pasti tahu, siapa saja yang ‘mendadak tenar’ dari Youtube bukan?

Masalah hak cipta

Tidak dipungkiri, selain konten orisinil, tidak sedikit konten video Youtube merupakan potongan klip yang berasal dari film populer, acara televisi, dan video musik.

Youtube sendiri menaruh perhatian besar dan sangat serius dalam hal melindungi hak cipta ini. Karena itu ia bekerja sama banyak penyedia konten komersil untuk menampilkan konten komersil secara legal.

Youtube juga menjanjikan akan terus melakukan berbagai terobosan teknologi untuk mendeteksi penggunaan hak komersial ilegal dengan lebih baik. Anda juga dapat melaporkan jika merasa sebuah video melanggar hak cipta dari link yang tersedia di setiap video yang ditampilkan.

Mengunggah video

Anda harus melakukan registrasi untuk mendapatkan akun Youtube secara gratis. Jika Anda telah memiliki akun Google sebelumnya, Anda langsung bisa masuk ke Youtube dan secara otomatis akan dibuatkan saluran bagi Anda.

Anda dapat mengunggah hampir semua format video yang ada ke Youtube: AVI, MOV, MPG, WMV, FLV dan format video lainnya, lalu Youtube akan otomatis mengkonversi video ke format Flash begitu selesai diunggah.

Menyematkan video Youtube ke blog

Anda boleh menyematkan video milik siapapun di Youtube ke website atau blog Anda sendiri. Bahkan untuk itu, Anda tidak perlu memiliki akun Youtube. Setiap video disediakan kode HTML yang bisa Anda copy-paste untuk dipasang di blog Anda.

Mengunduh video

Youtube tidak mengijinkan Anda untuk mengunduh video dengan mudah. Memang tersedia tool pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk men-d******d video Youtube, namun itu tidak disarankan atau pun didukung oleh pihak Youtube sendiri, bahkan itu adalah melanggar kesepakatan pengguna Youtube. Ada tertulis:

[quote_box_center]You agree not to circumvent, disable or otherwise interfere with security-related features of the Service or features that prevent or restrict use or copying of any Content or enforce limitations on use of the Service or the Content therein.[/quote_box_center]

Nah, itu lah beberapa hal mengenai Youtube. Anda tertarik menjadi seorang Youtuber? Dengan bekal kamera sederhana, Anda pun bisa menjadi seorang ‘super star’ dengan Youtube!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here