Perbedaan Antara Kipas & Hair dryer Dalam Mengeringkan Sablon Manual

 

Ketika kita telah selesai menyemprot film sablon, maka tugas selanjutnya adalah mengeringkan film sablon agar bisa kita gunakan untuk menyablon kaos maupun pakaian lainnya.

Kita bisa menggunakan kipas angin atau kita juga bisa menggunakan pengering rambut agar film yang telah selesai kita buat cepat kering dan bisa kita gunakan. Kipas angin dan pengering rambut memiliki kelebihannya masing-masing ketika kita gunakan untuk mengeringkan film sablon yang sudah jadi.

Jika kita menggunakan kipas angin untuk mengeringkan hasil sablon kita, maka dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan ketika kita menggunakan pengering rambut. Akan tetapi kipas angin memiliki kelebihan dibandingkan dengan pengering rambut jika kita gunakan untuk mengeringkan hasil sablon.

Dengan menggunakan kipas angin, ketika kering hasil film sablon kita relatif tidak akan nampak bayang-bayang seperti kaca di gambar yang kita buat. Sehingga hasil sablon akan lebih maksimal dibandingkan ketika kita menggunakan pengering rambut.

Gambar bayang-bayang kaca seperti air yang mengering akan menghalangi cat sablon untuk menempel di kain, hal ini menyebabkan hasil sablon kita tidak akan maksimal. Meskipun ketika kita menggunakan pengering rambut terdapat kelemahan yaitu menjadikan bayang-bayang kaca yang menempel di screen sablon.

Kita bisa mengatasi hal ini dengan mengusap bagian yang membentuk bayang-bayang kaca dengan Kain basah dengan menggosoknya secara perlahan. Hal ini akan menghilangkan bayang-bayang yang terdapat dalam screen sablon tersebut.

Menggunakan pengering rambut akan memakan waktu yang relatif singkat dibandingkan ketika kita mengeringkan menggunakan kipas angin. Perbandingannya jika menggunakan pengering rambut membutuhkan waktu 5 menit untuk mengeringkan satu film sablon, ketika kita menggunakan kipas angin membutuhkan waktu hingga 40 menit.

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kipas angin dan juga alat pengering rambut ketika kita gunakan untuk mengeringkan film sablon kita. Oleh karena itu penggunaan kipas angin dan hair dryer akan sangat efekif ketika kita bisa menggunakan keduanya di waktu yang tepat.

Misalkan, ketika kita memiliki waktu yang sangat mepet dan film sablon kita harus kering dengan segera, kita bisa menggunakan pengering rambut.

Jika kita memiliki waktu yang lama dan masih ada pekerjaa lain yang lebih prioritas, kita bisa menggunakan kipas angin, karena mengeringkan dengan kipas angin bisa kita tinggal. Berbeda ketika kita mengeringkan film sablon kita dengan pengering rambut.