Menggunakan Fungsi Waktu dan Tanggal di PHP

Sama seperti pada bahasa pemrograman lainnya, di PHP Anda juga bisa menambahkan penanggalan pada konten Anda menggunakan time stamp (stempel waktu). Time stamp adalah sederet angka yang menunjukkan banyaknya seberapa detik antara saat ini (atau waktu yang ditentukan) dengan 1 Januari 1970.

Tapi, tentu saja deretan angka tersebut sama sekali tidak user-friendly, karena sulit dibaca. Untuk itu terdapat fungsi-fungsi PHP yang bisa menerjemahkan angka jumlah detik tadi ke format yang lebih ‘ramah’ dan mudah dibaca oleh manusia, seperti tahun, bulan, hari, jam, menit dan detik.

Pertama-tama, kita perlu memanggil time stamp. Ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fungsi time (). Berikut contohnya:

<?PHP
$t = time (); 
echo $t;
?>

Bila dijalankan maka akan menghasilkan teks berupa angka yang adalah jumlah detik seperti dijelaskan di muka. Jika Anda ingin menyimpannya ke dalam database, ini memang yang terbaik, karena sangat fleksibel dan Anda bisa menerjemahkannya kapan saja saat memanggil kembali data tersebut. Format ini pun juga sangat baik untuk melakukan perhitungan waktu dan tanggal.

Tapi, anggap sekarang Anda ingin menampilkannya kepada pengunjung. Maka Anda perlu menggunakan fungsi date() untuk membuatnya bisa dibaca. Cara penulisannya adalah: date (format, timestamp).

Untuk daftar variabel format, bisa dilihat selengkapnya pada: Waktu dan Tanggal pada PHP.

Sekarang mari kita ambil contoh dengan tanggal dan waktu saat ini (saat artikel ini ditulis). Dan kita anggap ingin menampilkan time stamp dengan format: Nama hari, tanggal, bulan dan tahun.

Maka, untuk nama hari kita menggunakan l (huruf kecil dari L), tanggal menggunakan d, nama dengan F dan tahun dengan Y. Maka jika digabungkan menjadi:

<?php 
$t = time (); 
echo date ("l, d F Y", $t);
?>

Setelah dijalankan, maka hasilnya: Saturday, 15 August 2015.

Bagaimana jika waktu yang ingin dihasilkan bukanlah saat ini? Maka Anda perlu menggunakan fungsi mktime (). Dengan fungsi ini, memungkinkan Anda menghasilkan waktu dan tanggal kapan saja (baik yang lalu maupun yang akan datang). Formatnya adalah: Mktime (jam, menit, detik, bulan, hari, tahun)

Mari kita buat contoh:

<?php
echo date("d M Y", mktime(0, 0, 0, 3, 31, 1978));
?>

Tanggal yang kita buat di sini adalah 31-03-1978, maka jika dijalankan kode di atas akan menampilkan: 31 Mar 1978.

Jika mau, Anda juga bisa menggabungkan antara fungsi mktime () dan date (). Contoh:

<?php 
$t = mktime(0, 0, 0, 3, 31, 1978);
echo date("d M Y",$t);
?>

Dan akan menampilkan hasil yang sama seperti pertama tadi.

Nah, dengan menggunakan ketiga fungsi di atas, yaitu time(), date() dan mktime(), Anda bisa melakukan apapun terkait waktu dan tanggal pada PHP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here